Panduan Lengkap Perjalanan Ke Batulicin

Batulicin merupakan sebuah kecamatan sekaligus ibukota dari Kabupaten Tanah Bumbu yang terletak di provinsi Kalimantan Selatan. Jarak dari Banjarmasin (Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan) ke Batulicin kurang lebih sekitar 270 KM dengan waktu tempuh sekitar 6-7 jam.


Kota Batulicin
Landmark Batulicin City


Bagi kamu yang baru pertama kali ingin bepergian ke Batulicin baik itu dalam rangka liburan maupun dalam rangka perjalanan dinas berikut panduan lengkap yang bisa kamu pelajari terlebih dahulu sebelum menginjakkan kaki di Batulicin untuk memudahkan kamu saat nanti berada di Batulicin.



Letak Geografis Batulicin


Seperti yang telah dijelaskan di atas, Batulicin adalah ibu kota Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan. Secara geografis Batulicin terletak di sisi tenggara pulau Kalimantan di apit oleh Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Banjar, dan tepi selat Laut Jawa.

Lihat Maps Batulicin

Batulicin sering disebut juga sebagai kota tambang dan kota penghasil sawit, walau sebenarnya titik lokasi tambang dan perkebunan kelapa sawit tersebut berada cukup jauh dari Batulicin. 

Umumnya lokasi tambang tersebut banyak terdapat di daerah Sungai Danau, Angsana dan Sebamban. Sedangkan daerah perkebunan banyak terdapat di daerah kecamatan Karang Bintang dan Kecamatan Satui.


Transportasi ke Batulicin


Transportasi menuju ke Batulicin saat ini cukup banyak pilihan, kamu menggunakan jalur darat, laut, maupun melalui jalur udara dan jalur transportasi tersebut tersedia setiap harinya kecuali transportasi laut, jalur laut baru tersedia pada jadwal-jadwal tertentu. Adapun jalur transportasi yang dimaksud tersebut diantaranya :


Transportasi Darat dan Travel


Moda transportasi darat yang bisa kamu gunakan menuju Batulicin yaitu travel, bus dan angkutan umum lainnya.


Khusus untuk angkutan travel rute yang tersedia saat ini travel dari Banjarmasin-Batulicin dan travel dari Balikpapan-Batulicin.

Rute travel dari Banjarmasin ke Batulicin maupun sebaliknya meliputi: Kota Banjarmasin, Bandara Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru termasuk Martapura, Asam-Asam, Kintap, Sungai Danau, Sebamban, Pagatan, dan Batulicin.


Jasa travel yang melayani rute dari Banjarmasin ke Batulicin ini cukup banyak bertebaran di kota Banjarmasin maupun di Batulicin. Layanan jasa travel Banjarmasin Batulicin tersebut biasanya menggunakan sistem door to door (penjemputan dan pengantaran ke tempat) dengan lama perjalanan dari Banjarmasin ke Batulicin itu sekitar 6-7 jam.


Rata-rata layanan travel di atas menggunakan mobil Avanza, Xenia, dan mobil sejenisnya 
berkapasitas penumpang 5-6 orang dengan tarif Rp 150.000,- perorangnya. 

Namun tarif akan menyesuaikan jika pengantaran penumpang melebihi rute dalam kota Banjarmasin maupun Batulicin.

Adapun jadwal keberangkatan travel dari Banjarmasin ke Batulicin maupun sebaliknya adalah sebagai berikut:


  • Jam 10 pagi
  • Jam 2 siang
  • Jam 6 sore
  • Jam 10 malam

Selain dari kota Banjarmasin, cara lain menuju Batulicin yang menggunakan jasa angkutan travel tersebut yaitu melalui Kota Balikpapan Kalimantan Timur. 


Perjalanan dari Balikpapan ke Batulicin jika menggunakan jalur darat sekitar yaitu 9-10 jam. Umumnya jasa travel rute Balikpapan Batulicin dan rute sebaliknya hanya satu kali perjalanan saja setiap harinya dengan ketentuan sebagai berikut:


Armada yang tersedia untuk perjalanan travel dari Balikpapan ke Batulicin maupun sebaliknya umumnya menggunakan Avanza, Xenia, dan Kijang (LGX dan Kapsul) dengan kapasitas penumpang 7 orang.

Untuk pemesanan travel Banjarmasin Batulicin, baik travel dari Batulicin ke Banjarmasin maupun travel dari Balikpapan ke Batulicin (termasuk travel dari Samarinda ke Batulicin) serta dari Batulicin ke Balikpapan dan Samarinda bisa langsung menghubungi BATULICIN TRAVEL melalui kontak person berikut: 0852-1515-1544.

Sebenarnya masih banyak jasa transportasi umum lainnya untuk rute ke Batulicin khususnya dari Banjarmasin selain melalui angkutan travel di atas seperti bus, dan angkutan umum mobil L-300, dimana jasa angkutan tersebut hanya tersedia di terminal induk Banjarmasin.



Transportasi Udara


Selain melalui jalur darat, moda transportasi lainnya menuju Batulicin bisa menggunakan jalur udara melalui bandara Bersujud Batulicin


Saat ini telah tersedia penerbangan umum dari dan ke Bandara Bersujud Batulicin setiap harinya. Rute yang ada saat ini yaitu Banjarmasin ke Batulicin (PP) dan Makassar ke Batulicin (PP).

Maskapai penerbangan yang melayani rute dari dan ke Bandara Bersujud Batulicin yaitu Wings Air menggunakan pesawat jenis ATR 700 dengan jadwal penerbangan sebagai berikut:


  • Banjarmasin - Batulicin, keberangkatan setiap pukul 07.00 Wita
  • Batulicin - Makassar, keberangkatan setiap pukul 07.45 Wita
  • Makassar - Batulicin, keberangkatan setiap pukul 09.30 Wita
  • Batulicin - Banjarmasin, keberangkatan setiap pukul 11.30 Wita

Transportasi Laut


Sebagai wilayah yang terletak di tepi selat laut Jawa, perjalanan ke Batulicin bisa juga menggunakan jalur kapal laut melalui pelabuhan Batulicin secara berjadwal. Saat ini kapal laut yang secara rutin dan berjadwal melayani dari dan ke pelabuhan Batulicin dikelola oleh PT. PELNI dan PT. Dharma Luatan Utama, serta PT. ASDP.

Adapun rute kapal laut tersebut diantaranya:
  • Surabaya - Batulicin (PP)
  • Makassar - Batulicin (PP)
  • Pare-Pare - Batulicin (PP)
  • Barru - Batulicin (PP)

Untuk informasi jadwal keberangkatan kapal laut dari dan ke Batulicin selengkapnya dapat di baca di sini.

Transportasi di Batulicin


Nah, jika sudah tiba di Batulicin, kamu masih tetap bisa menikmati kota kecil ini meskipun kamu tidak menggunakan kendaraan pribadi. Sebagaimana kota lainnya, di Batulicin pun telah tersedia beberapa angkutan umum yang bisa kamu gunakan untuk bepergian keliling kota Batulicin, diantaranya sebagai berikut :


Angkutan Kota "Taxi"

Transportasi umum yang tersedia di kota kecil Batulicin diantaranya adalah angkutan kota (angkot) atau masyarakat Batulicin menyebutnya sebagai "taxi". Tarif angkot atau "taxi tersebut cukup terjangkau jika dibandingkan dengan angkutan lainnya seperti becak atapun ojek. Tarif angkot di Batulicin tersebut sekitar Rp 6.000 hingga Rp 10.000,- untuk rute terjauhnya. Jika ingin menggunakan becak maupun ojek kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp 15.000 hingga Rp 20.000 untuk sekali jalan.


Ojek Online dan Konvensional

Transportasi umum lainnya yang bisa kamu coba untuk mengantar kamu bepergian di dalam kota Batulicin yaitu Ojek Online. Tersedia cukup banyak ojek online di sekitar Batulicin seperti Bangjek, Amang Ojek, dan yang terbaru adalah Geojek yang kesemuanya sudah bisa kamu download di playstore. 

Aplikasi ojek online lokal tersebut selain layanan ojek online motor juga menyediakan layanan taxi online dan bahkan layanan pesan makanan. Tentu hal ini semakin memudahkan kamu nanti dan tidak perlu repot-repot mencari makanan keluar. Cukup klik maka sesaat kemudian pesananmu akan tiba.

Sedangkan aplikasi ojek online raksasa seperti Gojek dan Grab saat ini belum ada di Batulicin dan hanya beroperasi di kota Banjarmasin, kota Banjarbaru hingga Martapura saja.


Selain ojek online, di Batulicin juga masih banyak terdapat ojek konvensional (ojek pangkalan) yang bisa kamu gunakan jika ingin bepergian di sekitar Batulicin. Hanya saja kamu harus pintar-pintar untuk tawar menawar harga sebelum menaikinya.



Hotel dan Guest House di Batulicin


Sebagai sebuah ibukota Kabupaten, Batulicin tentu saja memiliki banyak hotel di sekitarnya. Mulai dari hotel berbintang hingga hotel berbudget rendah. Selain hotel, di Batulicin juga ada beberapa Guest House yang bisa kamu gunakan selama berada di Batulicin diantaranya :



Hotel Chandra Asri

Hotel Chandra Asri terletak agak jauh dari pusat kota Batulicin atau kurang lebih sekitar 4 KM dari pusat keramaian. Hotel ini terletak di daerah Kersik Putih Kecamatan Batulicin dan dekat dengan terminal induk Kersik Putih serta tidak jauh dari Rumah Sakit Daerah Tanah Bumbu maupun kantor DPRD Kabupaten Tanah Bumbu dan perkantoran Kabupaten Tanah Bumbu.

Adapun tarif kamar yang tersedia di Hotel Chandra Batulicin tersebut mulai dari Rp 85.000 s.d Rp 250.000 dengan fasilitas lengkap di dalamnya.



Hotel Ebony

Hotel Ebony merupakan hotel bintang 1 yang ada di Batulicin. Selain fasilitas di dalam hotel, hotel ini juga memiliki beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti: Galeri ATM, area parkir yang luas, Indomaret, Alfamart, dan sebagainya yang menambah kenyamanan selama bermalam di hotel Ebony.

Hotel Ebony terletak di jalan raya Batulicin simpang pelabuhan Ferry. Jarak hotel Ebony ke pusat kota Batulicin sekitar 3 KM. Bagi kamu yang tidak memiliki kendaraan sendiri, kamu bisa menggunakan angkot untuk menuju hotel Ebony dari pusat kota.


Tarif kamar hotel Ebony tersedia mulai harga Rp 500.000,- dan bisa dipesan melalui aplikasi traveloka.



Hotel Harmoni

Selanjutnya ada hotel Harmoni yang bisa kamu pertimbangkan untuk dijadikan tempat menginap selama berada di Batulicin. Hotel ini sebenarnya lebih layak di sebut sebagai guest house karena jumlah kamar yang dimiliki tidak terlalu banyak.

Tarif kamar hotel Harmoni Batulicin ini cukup terjangkau mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 350.000 untuk harga yang termahal.



Hotel Grand Central

Hotel Grand Central termasuk salah satu hotel mewah yang ada di Batulicin selain hotel Ebony. Hotel ini juga terletak di sekitar jalan raya Batulicin. Untuk tarif kamar tersedia mulai dari Rp 450.000 untuk yang termurah hingga Rp 540.000 untuk kamar tipe Deluxe.


Hotel Hillmar

Hotel Hillmar merupakan hotel berbudget murah yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk bermalam selama di Batulicin. Hotel Hillmar menyediakan layanan kamar mulai dari Rp 175.000 hingga Rp 400.000 permalamnya.

Hotel Hillmar juga berlokasi di sepanjang jalan raya Batulicin dan bersanding dengan beberapa hotel lainnya di sekitarnya yaitu hotel Harmoni, hotel Friendship, hingga hotel Grand Central.



Hotel Dewi VIP

Hotel Dewi VIP termasuk hotel dengan budget rendah yang bisa dijadikan pertimbangan. Walau berbudget rendah bukan berarti hotel ini tidak nyaman. Justru hotel ini sangat nyaman layaknya sebuah rumah dengan fasilitas lengkap di dalamnya. Hotel Dewi VIP berlokasi di Jalan Transportasi atau sekitar 1 Km dari lampu merah simpang empat. Cukup mudah untuk menemukan hotel ini dan hampir sebagian besar masyarakat tahu hotel Dewi VIP ini karena hotel ini merupakan hotel pertama dan tertua di Batulicin.

Tersedia mulai dari tarif kamar Rp 150.000 hingga Rp 350.000 permalamnya.


Guest House


Seperti yang telah dijelaskan di atas, selain hotel di Batulicin juga terdapat beberapa Guest House yang bisa kamu pertimbangkan selama berada di Batulicin. Walaupun kelasnya Guest House namun memiliki fasilitas yang lengkap seperti layaknya hotel pada umumnya.


Selain itu dari sisi harga, guest house-guest house tersebut cukup terjangkau, berikut diantaranya :



1. Guest House Garden

Guest House Garden terletak di Jl. Raya Batulicin kurang lebih sekitar 2 KM dari pusat kota Batulicin. Guest House Garden tidaklah terlalu besar, namun memiliki setidaknya 18 kamar dari berbagai tipe. Tersedia mulai dari harga Rp 175.000 hingga Rp 200.000 untuk 1 malamnya.

Di sekitar lokasi Guest House tidak ada Galeri ATM maupun minimarket terdekat, untuk itu kamu mesti mempersiapkan kebutuhanmu dulu sebelum memutuskan untuk menginap di Guest House tersebut.



2. Tirta Asri 1

Guest House Tirta Asri 1 ini masih berada dalam satu group dengan Guest House Garden di atas. Lokasi Guest House Tirta Asri sangat strategis karena berada di pusat kota Batulicin sehingga memudahkan penghuni kamar jika ingin memerlukan sesuatu mulai dari galeri ATM dari berbagai bank, minimarket, tempat jajanan aneka kuliner, hingga akses transportasi umum.

Secara umum Guest House Tirta Asri sangat bagus tidak saja dari sisi bangunan namun juga fasilitas yang dimiliki dan sangat cocok untuk kamu yang menginginkan penginapan yang ramah kantong selama berada di Batulicin.


Tersedia juga layanan pemesanan online melalui aplikasi traveloka bagi kamu yang ingin menginap di Tirta Asri 1 ini mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 400.000 permalam.



3. Tirta Asri 2

Selanjutnya ada juga Guest House Tirta Asri 2 yang masih berada dalam 1 manajemen dengan Tirta Asri group. Tirta Asri 2 berada di jalan Transmigrasi Km 3.

Sama seperti Tirta Asri 1, guest house Tirta Asri 2 juga memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Selain itu terdapat juga galeri ATM dan minimarket (Alfamart) sehingga semakin memudahkan kamu jika ingin perlu sesuatu.



Objek Wisata di Batulicin dan Sekitarnya


Kamu juga bisa mengunjungi beberapa objek wisata yang di Batulicin dan sekitarnya. Mayoritas objek wisata yang ada di Batulicin dan sekitarnya merupakan objek wisata alam, antaranya lain:



Taman Edukasi

Taman ini merupakan taman Edukasi untuk anak-anak dan keluarga. Tidak sulit untuk menemukan taman edukasi tersebut karena taman edukasi ini merupakan alun-alun kota Batulicin.

Taman edukasi cukup ramai pengunjung khususnya pada malam hari mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.


Di sekitar taman edukasi juga banyak terdapat aneka kuliner yang bisa kamu cicipi. Biasanya pada minggu pagi taman edukasi tersebut dijadikan tempat untuk olahraga mulai dari senam massal hingga bermain basket.



Pantai Pagatan

Pantai Pagatan terletak sekitar 30 Km dari Batulicin. Dibutuhkan sekitar 30 menit untuk menuju pantai Pagatan dari Batulicin. Seperti pada pantai umumnya, pantai Pagatan menawarkan pemandangan laut yang indah dengan hamparan pasir putihnya.


Air Terjun Tabur

Di Batulicin juga terdapat objek wisata berupa air terjun, namanya air terjun Tabur. Air terjun Tabur berlokasi di Desa Sungai Dua atau sekitar 20 Km dari pusat kota.

Air terjun tabur memiliki pemandangan yang cukup indah dengan hamparan hutan yang menjulang tinggi. Diperlukan perjuangan yang cukup ekstra untuk mencapai titik air terjun tabur karena untuk menuju lokasi tersebut mengharuskan kamu untuk berjalan kaki sejauh 2 Km dari pos masuk air terjun tersebut dan melewati beberapa jalan yang cukup curam.



Selengkapnya baca: Air Terjun Tabur Batulicin



Tempat Kuliner di Batulicin


Sebenarnya tidak ada tempat khusus sebagai pusat kuliner di Batulicin. Jajanan kuliner menyebar ke segala area di Batulicin namun cukup mudah untuk di jangkau.


Tersedia mulai aneka masakan ayam, ikan, dan lain sebagainya yang banyak di jual di sekitar Batulicin. Beberapa tempat kuliner yang cukup terkenal di Batulicin tersebut diantaranya: Ayam Bakar Wong Solo, Bebek Goreng Kalijo, Manna Cafe, Nasi Goreng Mr. Kirun, Kedai Kopi Kodeco, Big Coffe, Papa Ben's Resto, BPK Betris, dan lain sebagainya.



Selengkapmya baca: 10 Tempat Kuliner Yang Ada di Batulicin


Nah itulah panduan lengkap perjalanan ke Batulicin, semoga bermanfaat dan memudahkan untuk kamu yang ingin bepergian ke Batulicin.


Sebagai informasi BATULICIN TRAVEL menyediakan layanan perjalanan jasa travel baik untuk luar kota Batulicin maupun layanan dalam kota Batulicin. Untuk informasi selengkapnya dapat langsung menghubungi BATULICIN TRAVEL melalui kontak di bawah ini.


Akhir kata kami ucapkan selamat datang di Batulicin, selamat bertugas maupun selamat berlibur.


Batulicin Travel Logo

0 Response to "Panduan Lengkap Perjalanan Ke Batulicin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel