Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

Kabarkan.co.id, - Di tengah tingginya harga kebutuhan bahan pokok saat ini membuat biaya kebutuhan hidup seiring berjalannya waktu pun semakin besar. Sementara itu pendapatan yang di peroleh khususnya bagi kita yang bekerja karyawan tidak mengalami peningkatan yang berarti.

Bahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun masih kurang jika hanya mengandalkan pendapatan dari gaji. Sehingga tidak sedikit beberapa dari karyawan tersebut mencari penghasilan tambahan diluar gaji yang ada, ini dilakukan demi pemenuhan kebutuhan hidup terlebih kebutuhan hidup keluarga.

Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

Namun kenyataannya tidak sedikit juga diantara karyawan sendiri yang masih kesulitan mendapatkan ide bisnis yang cocok tanpa menganggu pekerjaannya sebagai karyawan. Nah bagi kamu masih kesulitan mendapatkan ide bisnis yang cocok untuk karyawan, mungkin beberapa ide bisnis berikut dapat menjadi referensi bagi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan di luar gaji.

Bisnis apa saja itu? Berikut ulasannya dalam Bisnis Sampingan Yang Cocok Buat Karyawan.

Bisnis Kuliner


Bisnis sampingan pertama untuk karyawan yang bisa kamu coba yaitu bisnis kuliner.

Mengapa bisnis kuliner?? Begini penjelasannya. Orang itu pasti butuh makan. Pemenuhan makan tadi tidak saja dilakukan di rumah saja, tapi ada masa dimana pemenuhan kebutuhan makan tersebut dilakukan diluar rumah atau dalam istilahnya makan di warung. Nah peluang itulah yang bisa kamu ambil dalam bisnis kuliner tersebut.

Bisnis kuliner tersebut bisa kamu kerjakan bersama anggota keluarga mulai dari persiapan hingga pemasarannya. Libatkan istri, anak, atau anggota keluarga lainnya dalam pengelolaan bisnis kuliner tersebut.

Kamu tidak harus menjajakan kuliner tersebut dari pagi sampai malam, cukup ambil waktu misalnya dari pukul 5 sore hingga pukul 10 malam. Untuk itu carilah kuliner yang tepat yang akan kamu jual dengan memperhatikan beberapa aspek seperti waktu penjualan, lokasi, target konsumen, dan pesaing sejenis.

Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel berikut : Cara Memulai Usaha Kuliner

Bisnis Reseller atau Dropship


Bisnis sampingan yang cocok untuk karyawan berikutnya yang bisa kamu coba adalah bisnis reseller atau dropship.

Inti dari bisnis reseller dan dropship tersebut adalah sama-sama menjual barang milik orang lain, perbedaannya hanya terletak pada teknis penjualannya saja. Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel berikut : Bedanya Bisnis Reseller dengan Dropship.

Bisnis reseller ataupun dropship tersebut bisa kamu jalankan kapan saja dan dimana saja tanpa harus menggangu pekerjaan mu sebagai karyawan. Umumnya bisnis reseller dan dropship tersebut menggunakan media sosial seperti facebook, WhatzApp group, dan lainnya sebagai media penjualannya sekaligus media promosi terhadap barang yang akan dijual.

Tak dapat dipungkiri, saat ini banyak orang yang telah menjalankan bisnis reseller dan dropship dari berbagai produk yang dipasarkan. Namun bagi kamu yang ingin mencoba menjalankan bisnis reseller atau dropship ini, berikut beberapa langkah yang harus diperhatikan agar memperoleh hasil yang maksimal dalam bisnis tersebut:

  • Pilih produk yang unik, dan hindari produk yang sudah banyak dijual sesama anggota reseller maupun sesama anggota dropship. Jika ingin tetap bermain di produk sejenis seperti kebanyakan yang ada (misalnya produk fashion), kamu pastikan harga yang akan dijual tidak terlalu tinggi serta memiliki kualitas yang lebih bagus dari lainnya agar tidak kehilangan konsumen dikemudian hari.
  • Pahami produk yang akan dijual. Pemahaman meliputi kualitas barang, harga, dan sumber barang.
  • Pahami calon supliermu. Informasi yang harus kamu cari dari calon suplier mu ialah kemampuan suplier menyediakan barang yang akan dijual, serta kemampuannya dalam pelayanan konsumen mulai dari pengepakan, pengiriman, dan penerimaan barang, serta cara penyelesaian komplain yang terjadi terkait dengan barang yang dijual. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan dan keberlangsungan bisnismu sendiri.
  • Pahami kemampuan modalmu. Walaupun bisnis reseller dan dropship tidak memerlukan modal besar namun memahami kemampuan modal juga penting untuk melihat pencapaian bisnis yang akan dijalani.

Selengkapnya mengenai bisnis reseller dan drophip tersebut dapat kamu baca pada artikel berikut : Tips dan Cara Memulai Bisnis Reseller dan Dropship

Bisnis Transportasi Online


Bagi kamu yang tinggal di perkotaan, pilihan berikut ini bisa kamu pertimbangan untuk dijadikan penghasilan tambahan selain gaji, yaitu bisnis transportasi online. Saat ini telah dibuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin menjadi mitra transportasi online berbasis aplikasi.

Kamu bisa mengambil peluang tersebut sebagai driver online atau ojek online dan memanfaatkannya pada saat pulang kerja atau hanya pada waktu-waktu tertentu. Memang hasil yang akan kamu peroleh tidak terlalu besar jika kamu menjalani profesi tersebut hanya pada waktu-waktu tertentu saja di bandingkan mereka yang menjalani profesi tersebut secara full time. Tapi setidaknya kamu masih bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan tersebut.

Bisnis Warung Kopi


Bisnis Warung Kopi juga bisa dijadikan bisnis sampingan buat kamu yang saat ini bekerja sebagai karyawan. Bagaimana caranya ? Berikut langkah awal yang harus kamu lakukan jika ingin mendirikan warung kopi tersebut yaitu dengan memperhatikan hal-hal berikut :

  • Pastikan lokasi usaha terletak pada pusat keramaian, misalnya terminal, rumah sakit, pelabuhan, taman kota, dan lain sebagainya.
  • Cari tempat usaha yang tidak terlalu mahal dan sesuai dengan budget mu. Pastikan juga tempat usaha tersebut terdapat listrik dan air.
  • Buat menu tambahan selain kopi untuk melengkapi teman ngopi calon pelangganmu. Menu tambahan tersebut bisa berupa gorengan, rokok, dan lain sebagainya.
  • Jam buka warung, dimana jam buka tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Usahakan jam buka tersebut tidak mengganggu aktifitas kerjamu sebagai karyawan.

Nah itulah beberapa bisnis sampingan yang cocok untuk karyawan yang bisa kamu coba. Intinya apapun usaha bisnis mu jika dikerjakan secara serius, fokus, jujur, dan memperhatikan norma-norma yang ada niscaya akan menghasilkan penghasilan yang maksimal. 

Selamat mencoba sukses selalu.

0 Response to "Bisnis Sampingan Untuk Karyawan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel