Perhatikan 6 Langkah Berikut Ini Sebelum Beli Mobil

Kabarkan.co.id, - Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, bulan Agustus ini kembali para pencinta otomotif dapat menikmati pagelaran otomotif terbesar di Indonesia yang diselenggarakan di Jakarta. Biasanya melalui momentum tersebut beberapa penggila otomotif khususnya pencinta mobil berencana mengganti atau membeli kendaraan baru. 

Bagi anda yang baru pertama kali ingin membeli mobil baru ada beberapa hal yang harus diperhatikan selain kondisi keuangan sebelum memutuskan membeli mobil tersebut, apa saja itu? Berikut 6 langkah yang harus anda perhatikan sebelum membeli mobil :
Mobil Sienta (Foto : Otomaniac)

1. Menentukan Anggaran

Menentukan Anggaran (Foto : Tahuberita)

Kepemilikan mobil bukanlah investasi namun ada biaya yang harus anda keluarkan secara rutin seperti service mobil secara berkala, uang bensin, ban, dan lain sebagainya. 

Harus ada anggaran tersendiri untuk perawatan mobil tersebut. 

Menentukan anggaran untuk perawatan mobil mungkin terlihat sepele bagi beberapa orang padahal kenyataannya tidak demikian, salah menghitung anggaran justru akan memberatkan keuangan anda kedepannya. 

Untuk itu belilah mobil yang sesuai dengan kondisi keuangan anda dan tidak memaksakannya jika di rasa berat. 

Biasanya pada bulan-bulan tertentu beberapa Dealer mobil ada yang menawarkan program-program menarik dalam memasarkan mobil, untuk itu jangan malas untuk mencari informasi terkait program-program penawaran mobil tersebut dan tentu saja disesuaikan dengan kemampuan finansial anda sendiri.


2. Memilih Jenis dan Merek Mobil



Memilih Mobil (Foto : Merdeka)

Setelah anda sudah menentukan besaran anggaran untuk mobil di atas beserta anggaran untuk perawatan mobilnya, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih jenis dan merek mobil yang dibutuhkan. 

Cari informasi mobil sebanyak-banyaknya misalnya mengenai keunggulan dan kekurangan jenis dan merek mobil yang anda cari. Jika anda tidak terlalu mengerti dan bingung informasi apa yang harus anda cari mengenai mobil tersebut, jangan ragu untuk meminta pendapat dari beberapa orang yang mengerti dan paham mengenai mobil khususnya mengenai masalah mesin mobil dan kelengkapan fitur mobil yang dimiliki.


3. Menghitung Besaran Total Biaya Kepemilikan Mobil



Biaya Total Kepemilikan Mobil (Foto : Rabkrin)

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan ialah menghitung besaran biaya keseluruhan atas kepemilikan mobil tersebut. 

Biaya keseluruhan mobil tersebut tidak saja biaya atas pembelian mobil, tetapi juga termasuk didalamnya biaya asuransi, bunga pinjaman, biaya pajak, biaya bensin, dan biaya perawatan mobil serta biaya-biaya lainnya yang harus anda keluarkan setiap bulannya. 

Pastikan biaya-biaya tersebut nantinya tidak membebani keuangan anda dikemudian hari terlebih jika anda sudah memiliki biaya-biaya yang harus anda keluarkan setiap bulannya misalnya cicilan rumah, cicilan bank, dan cicilan lainnya.


4. Beli Tunai atau Cicil



Beli Tunai atau Kredit (Foto : ACC)

Apakah mobil tersebut akan anda beli secara tunai atau dicicil alias kredit? 

Pembelian mobil secara tunai cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan membeli dengan cara mencicil alias kredit. 

Namun walaupun demikian membeli mobil dengan cara kredit juga memiliki beberapa keuntungan salah satunya pembayaran pembelian mobil bisa lebih terjangkau jika dibandingkan dengan membeli secara tunai. 

Bagi anda yang ingin membeli mobil dengan cara kredit, ada baiknya anda pelajari mekanisme kredit mobilnya terlebih dahulu agar tidak terbebani dikemudian hari.


5. Menentukan Fasilitas Pinjaman


Saat ini fasilitas pinjaman pembelian kendaraan bisa berasal dari perusahaan leasing maupun dari kredit bank. Umumnya kredit melalui bank lebih fleksibel dari sisi biaya bunga serta ketentuan pelunasan yang dipercepat, namun proses pinjaman melalui bank tersebut cenderung lebih rumit jika dibandingkan dengan perusahaan leasing.


6. Memilih Kombinasi Yang Optimal


Langkah terakhir yang bisa anda lakukan sebelum membeli mobil ialah, melakukan test-drive terhadap mobil pilihan anda agar anda benar-benar puas apakah mobil pilihan anda tersebut sudah menjawab kebutuhan anda atau tidak. 

Bila perlu ajak keluarga anda ataupun pasangan anda pada saat test-drive dan mintalah pendapat dari mereka mengenai mobil tersebut.


Editor : Rey
Sumber : Detik

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perhatikan 6 Langkah Berikut Ini Sebelum Beli Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel