Air Terjun Tabur Batulicin, Wisata Tersembunyi Kabupaten Tanah Bumbu

Kabarkan.co.id, Batulicin - Siapa bilang Kabupaten Tanah Bumbu tidak memiliki objek wisata air terjun yang indah dan menyejukkan? Ternyata di sekitar Batulicin ada loh objek wisata air terjun yang cukup besar, tinggi, dan tentu saja tidak kalah indahnya dengan objek wisata air terjun yang ada di daerah lain. 


Air terjun Tabur Batulicin

Air terjun Tabur, demikian nama air terjun yang terletak di desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu atau sekitar 20 KM dari pusat kota Batulicin. 

Objek wisata air terjun Tabur Batulicin sebenarnya merupakan objek wisata pribadi yang dikelola oleh perorangan dalam hal ini PT. Jhonlin Group. 

Walaupun bersifat pribadi, masyarakat umum tetap bisa menikmati objek wisata air terjun Tabur secara GRATIS alias tanpa dipungut biaya apapun dengan catatan harus mengikuti prosedur yang dikeluarkan oleh pengelolanya. 

Salah satu prosedur tersebut yaitu melapor sebelum masuk, dan melapor kembali ketika pulang, mengikuti arahan petugas, menjaga ketertiban umum, dilarang membuang sampah sembarangan baik itu selama perjalanan maupun saat di lokasi air terjun serta dilarang merusak keindahan air terjun Tabur itu sendiri dan menjaga norma kesopanan selama berada di area air terjun tabur.

Air terjun Tabur Batulicin memiliki ketinggian sekitar 5-6 meter dengan tingkat kemiringan sekitar 45-50 derajat. 

Panorama yang dipancarkan air terjun Tabur mampu membuat siapapun akan berdecak kagum atas keindahan dan kebesaran sang pencipta. Harmonisasi air terjun Tabur yang terdengar merdu seolah memanggil siapa pun yang datang untuk segera membasahi tubuh menikmati sejuknya air yang tertampung dibawahnya. Bahkan Rasa lelah yang ditimbulkan kala berjalan kaki sejauh 2 KM pun seolah terbayar oleh keindahan alam air terjun Tabur tersebut.

Baca Juga : Objek Wisata Air Terjun Pucuk Merah Batulicin

Keindahan Air terjun Tabur Batulicin terasa komplit karena air terjun Tabur terletak dibawah kaki gunung ini dikelilingi rimbunan pohon yang menjulang tinggi dan disertai hembusan angin sepoi sepoi, bahkan hembusan angin tersebut mampu membuat pengunjung tertidur kala menikmatinya. 

Untuk anda yang ingin menikmati segarnya air terjun Tabur, terdapat kolam pemandian yang tertata rapi dan berada persis di bawahnya. Kolam pemandian tersebut cukup luas, jernih, dan airnya segar karena langsung bersumber dari air terjun Tabur.

Bagi anda yang memiliki waktu lebih, anda juga dapat menikmati pemandangan alam dari puncak gunung air terjun tabur namun harus mendakinya terlebih dahulu. Terdapat akses jalan berupa anak tangga yang jumlahnya mencapai 1.000 anak tangga dimana akses jalan tersebut berada persis disamping air terjun Tabur Batulicin.  Butuh waktu sekitar 30-45 menit untuk mencapai puncak. Anda akan disuguhkan pemandangan luar biasa indah dari puncak gunung air terjun tabur tersebut.



Baca Juga : Objek Wisata Untuk Liburan Akhir Pekan Di Batulicin


Menurut petugas yang menjaga air terjun Tabur Batulicin, sebenarnya anak tangga tersebut merupakan akses jalan menuju helipad (tempat pendaratan helikopter) yang letaknya di atas gunung dan tidak jauh dari air terjun Tabur. Helipad tersebut sengaja dibuat sebagaimana permintaan pengelola wisata dengan tujuan agar tamu-tamu penting yang ingin menikmati keindahan air terjun Tabur tidak perlu menggunakan jalur darat tetapi bisa langsung menggunakan Helikopter dan mendarat di helipad tersebut.


Tidak mudah memang untuk mencapai lokasi air terjun Tabur Batulicin. Diperlukan usaha lebih ekstra untuk bisa menikmati panorama keindahan objek wisata air terjun Tabur Batulicin

Pertama anda bisa menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4 dimana nantinya menjelang tiba di pintu masuk air terjun Tabur anda akan melewati jalanan sempit dan berbatu sejauh 4 KM dari jalan utama. 

Setelah tiba di pintu masuk (pos), anda diharuskan melapor sekaligus menyerahkan Kartu Tanda Penduduk kepada petugas di sana sebelum melanjutkan perjalanan. Tujuannya untuk memonitor pengunjung yang memasuki wisata air terjun Tabur Batulicin.



Terkait : Kota Pagatan Pusat Objek Wisata Kabupaten Tanah Bumbu


Setelah selesai membuat laporan singkat, langkah selanjutnya yaitu anda diharuskan berjalan kaki sejauh 2 KM dari Pos tersebut ke lokasi air terjun Tabur dan sama sekali tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor karena alasan keamanan mengingat medan yang akan dilalui nantinya sangat terjal, berbatu, dan memiliki kemiringan yang cukup ekstrim. 



Akses Jalan menuju air terjun tabur Batulicin

Walaupun harus berjalan kaki sejauh 2 KM, disepanjang perjalanan menuju air terjun Tabur, anda akan disuguhkan pemandangan indah di sisi kiri dan kanan disertai dengan rimbunan pohon-pohon lebat yang menjulang tinggi. Suasana tersebut serasa berada di tengah hutan belantara dan tentu saja dilengkapi dengan hembusan angin yang sangat sejuk sehingga perjalanan anda pun terasa dekat.


Panorama indah sepanjang perjalanan menuju air terjun Tabur Batulicin

Nah untuk anda yang masih penasan bagaimana keindahan air terjun Tabur Batulicin, berikut beberapa penampakan keindahan air terjun Tabur Batulicin yang berhasil kami dokumentasikan :



Air terjun Tabur Batulicin

Panorama keindahan air terjun Tabur Batulicin
Akses jalan menuju air terjun Tabur Batulicin cukup terjal
Panorama air terjun 
Penulis : Rey


Artikel Lainnya :

Valgoson Teluk Kepayang Saat Ini

Bakkara Sorga Yang Tak Terlupakan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Air Terjun Tabur Batulicin, Wisata Tersembunyi Kabupaten Tanah Bumbu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel