Bahaya Tembakau Gorila

tembakau gorila tembakau gorila tembakau gorila

Kabarkan.co.id, Batulicin - Akhir-akhir ini marak kita dengar dari media cetak maupun media online perihal penyalahgunaan dan peredaran tembakau gorila. Tembakau gorila saat ini telah dikenal luas bahkan dikonsumsi di kalangan pelajar dan mahasiswa maupun masyarakat kalangan bawah. Menurut penggunanya ada efek dashyat yang dihasilkan kala menghisap tembakau gorila tersebut, salah satunya yaitu tubuh yang tidak bisa bergerak seperti tertimpa "gorila," itu sebabnya tembakau tersebut disebut tembakau gorila.



Sebenarnya apa itu Tembakau Cap Gorila dan apa bahaya yang dihasilkan saat mengkonsumsi tembakau tersebut ? Berikut ulasannya. 


tembakau gorila tembakau gorila

Sebagaimana kita ketahui tembakau merupakan salah satu hasil pertanian yang berasal dari daun tembakau yang ditanam khususnya genus nicotiana. Tembakau juga merupakan bahan baku utama ROKOK. 

Peredaran rokok ternyata selama ini lebih banyak memberikan dampak buruk bagi kesehatan tidak saja kepada pengguna rokok aktif namun juga kepada masyarakat yang terpapar asap rokok tersebut, itu sebabnya pemerintah mulai memberikan perhatian lebih terhadap peredaran rokok tersebut salah satunya melalui peraturan yang di atur dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, dan diperkuat kembali melalui Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan. 

Adapun salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap pengendalian peredaran rokok tersebut yaitu melakukan intervensi ke industri rokok berupa mewajibkan pecantuman peringatan bahaya rokok pada setiap orang yang memproduksi rokok. Itu sebabnya sekarang ini beberapa rokok resmi berbahan tembakau yang kita temui pasti ada tulisan peringatan kesehatan di bungkus rokoknya.

Lalu bagaimana dengan produk tembakau gorila?

Tembakau cap gorila bukan produk rokok seperti yang biasa kita temui, namun berupa tembakau yang dikemas dalam kemasan plastik. Tembakau gorila ini lebih mirip dengan rokok lintingan dimana tembakau tersebut dilinting layaknya rokok terlebih dahulu sebelum digunakan.

Menurut pengakuan yang pernah menggunakan tembakau gorila tersebut, tembakau gorila mampu memberikan efek tubuh tidak bisa bergerak sama sekali seperti tertimpa beban berat dalam hal ini "gorila". 

Namun ada efek lain yang timbul kala menikmati tembakau gorila ini yaitu tangan gemetar, berkeringat dan kesemutan. Sedangkan efek jangka panjang yang dihasilkan kala menggunakan tembakau gorila tersebut yakni dapat menyebabkan terjadinya gangguan saraf tremor. Gangguan tremor adalah gangguan pada area otak yang mengatur otot bagian tubuh tertentu yang bisa menyebabkan penyakit parkinson, multiple sclerosis, stroke, kegagalan hati, cedera otak, dan penyakit neurodegeneratif.


Tembakau Gorila

Saat ini peredaran tembakau gorila telah menjadi perhatian masyarakat maupun aparat berwajib khususnya dari Badan Narkotika Nasional (BNN). Komisaris Besar Slamet Pribadi selaku Kepala Bagian Humas BNN mengungkapkan aparat keamanan dalam hal ini Polisi belum dapat menindak pengedar dan penjual tembakau gorila ini. Memang diakuinya meski telah dilakukan penangkapan terhadap salah satu pengedar tembakau gorila, namun polisi tidak bisa menghukumnya lantaran belum adanya aturan yang jelas perihal peredaran tembakau yang memabukkan tersebut.

Tembakau Gorila mengandung zat kimia yang dapat mempengaruhi penggunanya seperti dijelaskan diatas. Namun zat kimia yang terkandung di dalam tembakau gorila itu tidak terdaftar di daftar zat berbahaya yang ditetapkan Badan Narkotika Nasional (BNN). 

AKB Hando Wibowo selaku Kepala Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan mengatakan timnya pernah menangkap salah satu pengguna tembakau gorila, namun setelah menjalani serangkaian tes khususnya tes urine, didapati hasil pada urine tidak mengandung DHC atau hal lain yang mengandung zat-zat narkoba. 

Sekalipun tidak terdaftar di BNN, tembakau gorila dan sejenisnya terbukti mampu memberikan efek memabukkan layaknya mengkonsumsi obat-obatan terlarang, hal inilah yang mesti diwaspadai. 


Baca Juga : Awas Kanker Saluran Cerna


Berdasarkan keterangan yang tertera di dalam kemasan tembakau gorila, tercantum tembakau gorila tersebut mengandung ekstra Cengkeh, Lion's Tail, dan Wild Dagga.


Untuk jangka panjang Wild Dagga atau daun dagga ini sendiri ternyata dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan seperti kecanduan, masalah paru-paru, kehilangan kendali, dan menggangu sistem reproduksi. Aatas dasar itulah seharusnya tembakau jenis seperti gorila ini perlu ada pengendalian.

Itu sebabnya pemerintah melalui aparat penegak hukum perlu mengambil tindakan tegas terhadap peredaran zat berbahaya sebagaimana ditetapkan BNN termasuk tembakau gorila ini karena secara nyata dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan penggunanya. Semoga saja pemerintah cepat bertindak sebelum peredaran tembakau gorila ini semakin liar dan merusak generasi muda Indonesia.

Tag :
Tembakau Gorila Bahaya Tembakau Gorila Tembakau Cap Gorila Tembakau Gorila Tembakau Gorila Tembakau Gorila 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bahaya Tembakau Gorila"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel