Bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru, Alternatif Penerbangan Warga Kotabaru dan Batulicin

Kabarkan.co.id, Batulicin - Bandara Gusti Syamsir Alam atau yang sering juga disebut sebagai bandara Stagen atau bandara Kotabaru, merupakan salah satu dari 3 bandara perintis yang ada di propinsi Kalimantan Selatan selain bandara Bersujud yang ada di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu dan bandara Warukin yang ada di Tanjung Kabupaten Tabalong. 


Bandara Gusti Syamsir Alam bandara Stagen bandara Kotabaru

Terkait : Bandara Warukin Direncakan Kembali Beroperasi



Bandara Gusti Syamsir Alam atau lebih akrab di sebut bandara Stagen atau bandara Kotabaru (Foto : Gloopic.net)

Bandara Gusti Syamsir Alam atau bandara Stagen atau bandara Kotabaru terletak di Stagen, Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru atau sekitar -/+ 10 kilometer dari pusat kota Kotabaru (Ibukota Kabupaten Kotabaru).
Bandara Gusti Syamsir Alam bandara Stagen bandara Kotabaru Bandara Gusti Syamsir Alam atau bandara Kotabaru ini di bangun pada tahun 1971 dimana kala itu akses untuk menuju ke wilayah Kotabaru dan sekitarnya sangat sulit dan hanya bisa ditempuh melalui udara dan laut salah satunya melalui bandara Kotabaru.
Aktivitas di Bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru (Foto : Oke Riki)

Bandara Gusti Syamsir Alam atau bandara Kotabaru memiliki panjang 1.650 meter dengan lebar mencapai 30 meter. Saat ini operasional di bandara Gusti Syamsir Alam cukup ramai oleh aktivitas penerbangan baik kedatangan maupun keberangkatan. Tercatat hingga saat ini terdapat beberapa rute penerbangan melalui Bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru yang dilayani oleh maskapai penerbangan nasional antara lain :


  • Rute Bandara Kotabaru - Makassar atau sebaliknya Makassar - Kotabaru yang dilayani oleh maskapai Wings Air. Penerbangan untuk rute tersebut dilakukan sebanyak 2 kali setiap hari.
  • Rute Bandara Kotabaru - Banjarmasin atau sebaliknya Banjarmasin - Kotabaru yang dilayani oleh maskapai Wings Air dan Kalstar dimana untuk rute tersebut dilakukan sebanyak 2 kali setiap hari baik oleh Wings Air maupun Kalstar.

Sebelumnya bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru sempat melayani rute penerbangan dari Kotabaru tujuan Surabaya atau sebaliknya yang layani oleh maskapai Kalstar selama beberapa bulan, namun Kalstar terpaksa menutup rute Kotabaru - Surabaya (PP) ini pada November 2015 silam dikarenakan alasan pasar.

Maskapai Penerbangan Kalstar

Mengingat jaraknya yang cukup dekat dengan kota Batulicin yang hanya berkisar 45 kilometer dan terpisah dengan lautan, rute penerbangan dari Kotabaru ke Banjarmasin dan Makassar atau sebaliknya melalui bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru ini bisa juga dikatakan sebagai rute alternatif penerbangan bagi penduduk Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu yang tidak sempat melakukan penerbangan dari Bandara Bersujud Batulicin. 
Bandara Gusti Syamsir Alam bandara Stagen bandara Kotabaru

Terkait : Bandara Bersujud Batulicin Beroperasi Kembali, Wings Air Buka Rute Ke Batulicin


Hanya saja bagi penduduk Batulicin yang ingin melakukan penerbangan dari Bandara Syamsir Alam Kotabaru diharuskan melalui jalur penyeberangan ferry terlebih dahulu sehingga memakan waktu cukup lama untuk tiba di bandara Gusti Syamsir Alam yaitu 1,5 jam dari Batulicin.

Muspida Kabupaten Kotabaru Saat Menghadiri Peresmian Penerbangan Perdana Banjarmasin-Kotabaru-Makassar oleh Wings Air.
Foto : Bapedda Kotabaru

Rencananya bandara yang terletak di tenggara pulau Kalimantan ini akan dipindahkan ke daratan pulau Kalimantan. Sebagaimana diketahui bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru yang ada sekarang sudah tidak-memungkinkan lagi untuk diperpanjang landasannya karena diujung landasan tersebut sudah berdekatan dengan jalan raya dan perbukitan padat penduduk. 

Baca Juga : Daftar Hotel Beserta Harganya Yang Ada di Kotabaru Kalimantan Selatan


Sedangkan ujung landasan satunya sudah berdekatan dengan laut. Namun rencana pemindahan bandara Kotabaru tersebut baru hanya sebatas wacana. 

Penulis : Rey

Tag :
Bandara Gusti Syamsir Alam bandara Stagen bandara Kotabaru

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru, Alternatif Penerbangan Warga Kotabaru dan Batulicin "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel