11 Jenis Usaha Dengan Modal Kecil Yang Bisa Anda Jalankan Dari Rumah

Kabarkan.co.id, Batulicin - Disadari atau tidak, semua manusia di dunia ini dianugerahi sebuah ide dan pikiran yang cemerlang dalam menghadapi tantangan dan rintangan yang ditemuinya dari hari ke hari termasuk didalamnya tantangan dalam memenuhi kebutuhan hidup. 


Sumber Foto : (Pondok Salam)

Ide dan pikiran tersebut bisa apa saja dan tak terbatas jumlahnya. Contoh yang paling sederhana ialah ide mendirikan suatu usaha atau bisnis. Ada begitu banyak ide model usaha diluar sana yang bisa kita ambil dan pelajari.

Namun tidak jarang ide peluang usaha yang terlintas di pikiran kita tersebut justru harus menghilang begitu saja tanpa pernah diwujudkan secara nyata. Mengapa demikian ? Jawabannya ialah karena ide bisnis tersebut terlalu besar sehingga untuk mewujudkannya cukup sulit karena dibutuhkan modal dan investasi yang besar, di satu sisi modal yang kita miliki juga sangat kecil. 

Memang umumnya suatu bisnis yang dikelola dengan modal besar akan mendapatkan profit yang besar pula namun juga memiliki resiko bisnis yang besar pula.

Sebenarnya memiliki jenis usaha tidaklah mutlak membutuhkan modal besar, dengan modal kecil pun kita sudah bisa mendirikan usaha yang menguntungkan. Bahkan jenis-jenis usaha tersebut bisa anda jalankan dari rumah, jenis-jenis usaha tersebut umumnya cukup mudah dijalankan asalkan anda memiliki kemauan untuk menjalankan bisnis tersebut. Jika anda tidak memiliki kemauan dalam menjalankan bisnis ada kemungkinan bisnis yang anda jalani akan sulit berkembang.

Walaupun modalnya kecil, bukan berarti usaha dengan modal kecil tersebut tidak memiliki resiko, resikonya tetap ada namun cenderung kecil. 



Lalu apa saja jenis usaha tersebut, berikut kami ulasan dalam sajian :

15 Jenis Usaha Dengan Modal Kecil Yang Bisa Anda Jalankan Dari Rumah

A. Bisnis Offline

Siapa bilang bisnis di rumah itu hanya milik bisnis online saja, bisnis konvensional ini tak pernah pudar di makan jaman. Ya walaupun jaman dan peralatan secara semakin hari semakin canggih dan memberikan kemudahan untuk siapa saja, bisnis offline ini tetap saja masih eksis.

Jenis usaha dengan modal kecil dan berbasis offline yang bisa anda jalankan dari rumah diantaranya sebagai berikut :


1. Buka Jasa Menjahit

Usaha Menjahit Pakaian ini tak pernah hilang di makan jaman. Walaupun saat ini model pakaian baru terus bermunculan namun tidak jarang model-model pakaian tersebut terkadang tidak sesuai dengan selera pribadi kita. Maka untuk menyelesaikan solusi tersebut menjahit pakaian adalah pilihan yang tepat. Nah anda dapat menangkap kesempatan tersebut untuk membuka usaha menjahit pakaian ini.

Anda dapat memulainya dengan kursus menjahit terlebih dahulu, biaya kursus menjahit ini terbilang murah yaitu hanya Rp 1.500.000 s.d Rp 2.000.000,- Anda akan di ajarkan sampai benar-benar mahir menjahit mulai dari mengecilkan dan membesarkan pakaian, membuat pakaian dari berbagai model, dan lain sebagainya. Setelah itu anda dapat membeli mesin jahit yang diinginkan apakah mesin jahit manual atau mesin jahit listrik. Umumnya harga dari mesin jahit ini bervariasi mulai dari harga 1 jutaan untuk mesin jahit manual hingga diatasnya untuk mesin jahit listrik.

Usaha menjahit ini biasanya akan kebanjiran order pada saat hari-hari besar tiba seperti : kenaikan kelas dan hari raya keagamaan. Namun tidak menutup kemungkinan kebanjiran orderan pun akan datang pada hari-hari biasa.

2. Buka Usaha Bisnis Kuliner

Pilihan jenis usaha lainnya bermodal kecil dan dapat anda jalankan di rumah adalah membuka usaha bisnis kuliner. Bisnis kuliner ini umumnya mudah dikerjakan siapa saja asalkan memiliki keterampilan membuat kuliner. Model dan jenis kuliner boleh sama dengan yang lainnya tapi rasa yang dimiliki dari kuliner tersebut belum tentu sama dengan yang lainnya.

Nah jika anda mampu membuat kuliner dengan cita rasa khas, tidak ada salahnya anda dapat mencoba bisnis kuliner ini. Konsumen adalah raja. Maka konsumen berhak mendapatkan rasa yang terbaik dari kuliner yang anda sajikan untuk konsumen tersebut. Untuk itu buatlah kuliner yang mampu membuat lidah konsumen anda "ketagihan" atas kuliner olahan anda dan pertahankanlah cita rasa tersebut jika kuliner yang anda buat tersebut mampu menarik minat konsumen.

Modal awal dari membuka bisnis kuliner ini kisaran dari Rp 2.000.000,- contoh bisnis kuliner tersebut misalnya bisnis kue dan aneka bisnis makanan.

3. Buka Usaha Dagang Pulsa

Bisnis jual pulsa juga merupakan salah satu dari jenis usaha dengan modal kecil. Dengan bermodal Rp 100.000,- yang anda beli dari distributor pulsa, anda sudah dapat menjual pulsa tersebut kepada konsumen. Langkah termudah sekaligus langkah awal sebagai penjual pulsa, anda dapat menjual pulsa secara eceran tersebut kepada kerabat ataupun rekan-rekan disekeliling anda.

Jika menginginkan hasil lebih banyak dari penjualan pulsa, juallah pulsa dengan nominal terkecil dengan harga yang sewajarnya. Karena jika anda menjual dengan nominal besar untung yang anda raih relatif kecil padahal saldo pulsa anda terbilang kecil, misalnya saldo pulsa tersebut hanya Rp 100.000,- dan anda menjual pulsa tersebut dengan mominal Rp 50.000,- maka penjualan pulsa anda dengan seketika saldo pulsa anda langsung habis. Bandingkan jika anda mengutamakan menjual dengan nominal terkecil terlebih dahulu maka saldo pulsa anda mampu bertahan untuk beberapa saat.

4. Buka Usaha Kursus / Les Private

Membuka usaha kursus atau les private ini sangat cocok untuk anda yang memiliki keahlian pada bidang tertentu, misalnya :


  1. Mahir berbahasa inggris, matematika, dan beberapa pelajaran lainnya 
  2. Mahir bermain alat musik seperti gitar, piano, drum, keyboard, dan lain sebagainya
  3. Memiliki skil / keterampilan seperti memasak, menjahit, membuat desain, membuat website, dan lain sebagainya.
Sekalipun anda tidak memiliki tempat atau ruang khusus yang anda miliki, anda tetap dapat menjalankan usaha kursus tersebut dengan metode mengajar ke rumah siswa yang ingin diajarkan tersebut dengan memintanya melengkapi peralatan yang diperlukan.

5. Membuka Usaha Toko Kelontong / Warung

Jenis usaha dengan modal kecil yang bisa anda jalankan dari rumah selanjutnya yaitu membuka usaha toko kelontong atau istilah umumnya warung. Tidak selamanya membuka usaha toko kelontong atau warung itu memerlukan modal besar dengan modal kecil pun jenis usaha toko kelontong atau warung ini pun bisa anda jalankan. Kuncinya anda harus tahu apa yang dibutuhkan pembeli di sekitar lingkungan anda tinggal. Sebagai contoh mulailah dengan menjual aneka kebutuhan pokok seperti sayur mayur, ikan, beras dan lain sebagainya.

Anda dapat menganggarkan sebesar Rp 5.000.000,- sebagai modal awal untuk membuka usaha toko kelontong tersebut.

6. Membuka Jasa Laundry

Jenis usaha dengan modal kecil lainnya yang bisa anda dan keluarga jalankan dari rumah yaitu membuka usaha jasa cuci laundry. Jika tempat anda saat ini berada di daerah perumahan padat, usaha jasa cuci laundry ini adalah peluang bagus yang bisa anda jalankan. Anda bisa memulainya dengan membeli mesin cuci seharga Rp 2.000.000,- untuk kapasitas mesin cuci ukuran standar dan Rp 3.500.000,- untuk mesin cuci dengan kapasitas ukuran besar.

Kunci dari usaha laundry ini yaitu anda harus mampu memberikan layanan yang terbaik untuk usaha laundry yang anda jalankan, seperti menjaga kualitas hasil cucian dan memberikan layanan tambahan seperti layanan ambil dan mengantarkan hasil cucian kepada konsumen.

7. Buka Usaha Pencucian Motor

Jenis usaha dengan modal kecil selanjutnya yang bisa anda jalankan dari rumah yaitu membuka usaha pencucian motor. Usaha pencucian motor ini tidak memerlukan tempat yang luas namun memerlukan tempat pembuangan air yang cukup memadai. Peralatan yang dibutuhkan untuk membuka usaha cuci sepeda motor ini yaitu mesin komprosor, selang, tandon air, dan bahan-bahan pencucian seperti ember, sampo, dan kain lap dengan harga bervariasi dan relatif murah hanya kompresor dan tandon air lah yang cukup memerlukan modal besar untuk membelinya. 

Total modal untuk membuka usaha ini yaitu kisaran Rp 5.000.000 s.d Rp 7.500.000,-

8. Buka Usaha Cincau, dan minuman segar lainnya

Jenis usaha dengan modal kecil yang bisa anda jalankan dari rumah berikutnya yaitu membuka usaha minuman cincau dan minuman segar lainnya. Jenis usaha ini cukup simple untuk dijalankan dan tidak memerlukan modal yang besar. Langkah awalnya anda hanya memerlukan peralatan seperti blender, tempat dagang, dan bahan-bahan untuk minuman tersebut. 

Jika tempat tinggal anda berdekatan dengan lingkungan sekolah, maka membuka usaha cincau ini adalah pilihan yang tepat karena minuman cincau ini cukup digemari para pelajar yang ingin mendapatkan minuman segar.

B. Bisnis Berbasis Online

Tak dapat dipungkiri, kecanggihan teknologi digital dalam beberapa tahun terakhir ini mampu menciptakan peluang bisnis yang sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis. Salah satunya ialah bisnis berbasis online. Bisnis online ini cukup mudah dijalankan oleh siapa saja dan dimana saja. Anda juga tidak perlu pusing untuk memikirkan tempat usaha karena bisnis online ini sepenuhnya tidak membutuhkan tempat usaha secara nyata.

Anda juga dapat membuka usaha atau bisnis berbasis online ini. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis online ini juga tidaklah besar dan cukup terjangkau.

Berikut beberapa jenis usaha berbasis online dengan modal kecil yang bisa anda pilih dan anda jalankan dari rumah :

1. Buka Usaha Reseller

Salah satu jenis usaha yang bisa anda jalankan dari rumah yaitu membuka usaha Reseller.
Bisnis Reseller akhir-akhirnya ini cukup menggeliurkan dan cukup banyak peminatnya khususnya para pengguna media sosial. Modal yang diperlukan untuk membuka usaha reseller ini pun relatif kecil bahkan ada yang gratis. 

Sebagaimana namanya Reseller, yaitu menjual kembali produk-produk yang anda miliki kepada konsumen akhir yang membutuhkan barang tersebut. Jika anda berhasil menjual barang-barang tersebut anda akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan. Besarnya komisi tergantung dari perjanjian kerja anda dan pemegang reseller tersebut. 

2. Membuka Usaha Tiket Online

Jenis usaha dengan modal kecil yang bisa anda jalankan dari rumah selanjutnya yaitu membuka usaha tiket online. Untuk memulai usaha ini anda cukup menghubungi agen resmi penyedia tiket online. Untuk menjadi bagian dari agen penjualan tiket online tersebut anda akan diminta kesediaannya untuk menyetorkan modal awal dimana modal tersebut nantinya akan ditempatkan sebagai deposit anda. 

Informasi lebih lanjut mengenai usaha tiket online ini dapat anda pelajari dari agen-agen yang lebih dulu eksis.

3. Membuat Usaha Web Desain

Bisnis usaha web desain ini membutuhkan keahlian khusus dalam membuat website. Jika anda memiliki kemampuan tersebut mengapa tidak anda jalankan bisnis ini. Bisnis Web Desain ini cukup terbukti menghasilkan banyak uang. Selain itu masih sedikit orang-orang di luar sana yang memiliki keahlian dalam membuat web desain. Untuk itu ini adalah peluang bagus bagi yang menggeluti bisnis ini.


Demikian ulasan 11 Jenis Usaha Dengan Modal Kecil Yang Bisa Anda Jalankan Dari Rumah. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "11 Jenis Usaha Dengan Modal Kecil Yang Bisa Anda Jalankan Dari Rumah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel