Pantai Pagatan, Pesona Alam di Bumi Bersujud

Kabarkan.co.id, Batulicin - Anda yang baru pertama kali menginjakkan kaki di bumi Bersujud Batulicin, bingung mau kemana ? Coba jelajahi wisata berikut ini namanya Pantai Pagatan.


Pantai Pagatan (Foto : Indolah)

Pantai Pagatan, merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata Kabupaten Tanah Bumbu. Pantai Pagatan terletak di Pagatan ibukota kecamatan Kusan Hilir dan berjarak sekitar 30 KM dari pusat kota Batulicin atau sekitar 30 menit untuk menuju ke pantai tersebut dari Batulicin.



Pantai Pagatan (Foto : idblogpacker.com)

Pantai Pagatan memiliki garis pantai sejauh 200 m, sedangkan panjangnya membentang sejauh 1,5 km dengan luas mencapai 1,5 hektar. 


Hamparan pasir putih dan hembusan angin sejuk yang dipancarkan pantai Pagatan sangat nyaman hingga membuat tubuh terasa dingin dan segar di tambah lagi dengan hempasan ombaknya yang saling kejar mengejar seolah memanggil kita untuk segera membasahi tubuh dengan air asin di pantai tersebut. Untuk anda pengemar foto selfie. Panorama keindahan alam pantai Pagatan sangat cocok untuk anda yang gemar foto-foto.



Baca Juga : Pantai Rindu Alam, Pesona Alam Untuk Keluarga


Setiap tahun di pantai pagatan ini selalu diadakan upacara kebudayaan yang bernama Mapparentasi. Mapparentasi atau yang lebih di kenal dengan pesta pantai atau pesta laut, adalah sebuah festival adat suku Bugis di Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu yang diturunkan secara turun-menurun dan dilaksanakan setiap tahun yaitu pada bulan April. Festival tersebut diadakan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang dilimpahkan dari pantai pagatan yang menjadi sumber utama penghidupan masyarakat Bugis Pagatan yang berprofesi sebagai nelayan. (sumber : wikipedia). 


Jika anda saat ini berada di Batulicin pada bulan April, maka sangat rugi jika tidak sempat menyaksikan acara kebudayaan tersebut. 



Kota Pagatan (Foto : Youtube)

SIRING LAUT PAGATAN


Jika kunjungan di pantai Pagatan di rasa masih kurang, coba anda jelajahi tempat wisata lain yang tidak jauh dari pantai Pagatan. Tempat wisata tersebut bernama Siring Laut Pagatan. Siring Laut Pagatan berada sekitar kurang lebih 3 km dari pusat kota Pagatan. Siring Laut Pagatan ini merupakan siring atau salah bibir pantai Pagatan yang letaknya persis di pinggir jalan raya provinsi.


Hampir sama dengan pantai Pagatan, hamparan pasir di Siring Laut Pagatan ini cukup bersih ditambah hembusan angin sepoi-sepoinya membuat kita enggan beranjak dari sana.



Baca Juga : Objek Wisata Air Terjun Batulicin


Setiap hari Siring Laut Pagatan selalu disinggahi para wisatawan dari berbagai usia mulai dari anak-anak dan orang dewasa. Siring Laut Pagatan cukup menarik untuk disinggahi selain menyajikan panorama alamnya, Para penjual Es Kelapa dan Jagung Bakar yang ada di sekitar siring seolah memanggil kita untuk singgah dan menikmati sajiannya.


Baca Juga : Objek Wisata Kabupaten Tanah Bumbu


Nah manfaat waktu anda dengan sebaik-baiknya selagi anda berada di Batulicin dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. Selamat berlibur. (Rey)



Topik Lain : 
Kota Batulicin Dalam Sudut Kamera
Kuliner Yang Ada di Batulicin

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pantai Pagatan, Pesona Alam di Bumi Bersujud"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel