Di Desa Manurung Ini Tidak Ada Satupun Warganya Suku Batak, Kok Bisa ?

Kabarkan.co.id, Batulicin - Bagi warga suku batak, marga Manurung sudah tidak asing lagi di dengar. Biasanya jika kita mendengar seseorang itu bermarga Manurung, hampir dipastikan bahwa seseorang tersebut atau leluhurnya berasal dari salah satu desa yang ada di Sumatera Utara dimana umumnya desa-desa yang terdapat di Sumatera Utara tersebut berasal dari marga-marga seperti desa Manurung, Bakkara, Silalahi, Nainggolan dan lain sebagainya.


Namun lain hal nya dengan desa yang ada di tempat ini. Ya desa tersebut bernama desa Manurung. Desa Manurung yang dimaksud yaitu desa yang terdapat di Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Adapun pusat pemerintahan kecamatan Kusan Hilir adalah Pagatan
Kantor Desa Manurung Kusan Hilir
Kantor Desa Manurung, Kec. Kusan Hilir, Kab. Tanah Bumbu
Walaupun nama desanya bernama Manurung hampir dipastikan di desa tersebut tidak ada satu pun warganya berasal dari suku Batak apalagi bermarga Manurung.

Desa Manurung yang terdapat di Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan ini dihuni oleh suku asli setempat yaitu suku Bugis Pagatan. Adapun mayoritas mata pencaharian masyarakat desa Manurung adalah nelayan dan petani. Selain suku Bugis Pagatan, warga yang menetap di desa Manurung ini ada juga yang berasal dari suku Makassar, Banjar, dan Jawa. Sedangkan untuk warga pendatang yang berasal dari sumatera utara (batak) umumnya bermukim di Batulicin yang merupakan pusat kota sekaligus ibukota Kabupaten Tanah Bumbu.
SDN Manurung Kusan Hilir
SDN 2 Manurung, Kec. Kusan Hilir
Konon kata Manurung di desa ini berasal dari kata menurun yang merajuk pada kondisi perbukitan saat itu, dimana desa Manurung berada di bawah, sedangkan Pagatan yang saat itu merupakan pusat keramaian berada di atas. Karena berada di bawah maka untuk menuju ke desa tersebut orang-orang di wilayah sekitar sering menyebutnya desa menurun dalam bahasa bugis pagatan di sebut Manurung.
Peta Kabupaten Tanah Bumbu
Peta Kab. Tanah Bumbu Yang Menunjukkan Posisi Kec. Kusan Hilir
Untuk menuju ke desa Manurung cukup mudah, dari Banjarmasin ibukota provinsi Kalimantan Selatan menuju Batulicin diperlukan waktu selama 5 jam perjalanan darat, atau sekitar 25 menit dari Batulicin menuju arah Pagatan.

Sebenarnya masih ada satu lagi desa Manurung diluar provinsi Sumatera Utara selain yang terdapat di Kalimantan Selatan, yaitu desa Manurung yang terdapat di Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. (Rey).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Di Desa Manurung Ini Tidak Ada Satupun Warganya Suku Batak, Kok Bisa ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel