Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Narkoba Bahaya Narkoba Efek Narkoba
Kabarkan.co.id, Batulicin - Penyalahgunaan narkoba saat ini sudah sangat memprihatikan, sudah tak terhitung berapa banyak korban yang berjatuhan akibat penyalahgunaan narkoba tersebut. 


Penyalahgunaan Narkoba (Foto :Sumutpos.co)

Korban penggunaan narkoba tersebut juga tidak saja menyerang orang-orang dewasa namun juga kalangan anak-anak. Jika tidak cepat ditanggulangi permasalahan penyalahgunaan narkoba ini, tidak menutup generasi muda Indonesia di masa depan akan musnah oleh narkoba


Narkoba Bahaya Narkoba Efek Narkoba

Sebenarnya apa sih itu narkoba dan seberapa besar pengaruhnya bagi yang menggunakannya ? Apakah narkoba itu berbahaya ? apakah narkoba itu bisa mematikan ? berikut ulasannya.


Bahaya Narkoba (Foto : hellomotion)

Narkoba itu sebenarnya merupakan singkatan dari Narkotika dan obat-obatan terlarang. Istilah lain selain narkoba ialah Napza yang juga merupakan sebuah singkatan dari Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. 


Narkotika itu sendiri merupakan sebuah zat atau obat yang umumnya berasal dari tanaman namun ada juga zat tersebut yang bukan berasal dari tanaman yang berbentuk sintesis maupun semi sintesis. Ada 3 jenis tanaman yang biasa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan narkotika yaitu tanaman Papaper Somniferum (Candu), Erythroxyin coca (kokain), dan cannabis sativa (ganja).

Cara kerja zat tersebut jika digunakan membuat kita tidak merasakan apa-apa karena kesadaran kita akan turun, dan bahkan tidak sekalipun kita disakiti kita tidak merasakan reaksi apa-apa karena perasaan nyeri tersebut seolah hilang, dan yang terutama zat tersebut menyebabkan seseorang menjadi sangat ketergantungan karena kandungan zat adiktif yang sangat kuat.

Narkoba Bahaya Narkoba Efek Narkoba

Ada bermacam-macam jenis narkotika yang beredar saat ini, ada yang berbentuk cair, padat, serbuk, tanaman / daun, dan sebagainya. Secara umum berikut jenis-jenis narkotika yang beredar saat ini :

  • Opioid, yang terdiri dari saripati bunga opium. Adapun zat yang termasuk kedalam kelompok ini diantaranya : Heroin / diamorfin (INN) baik dalam bentuk pil, serbuk, dan cair. Selain itu ada Codein (biasanya berbentuk pil dan cairan bening), kemudian ada Comerol (berbentu pil dan cair), dan jenis Opioid yang terakhir yang cukup populer adalah Putaw.
  • Kokain. Kokain merupakan salah satu jenis narkotika yang berasal dari tanaman Erythroxylon coca. Tanaman tersebut banyak terdapat di negera amerika latin yaitu Peru dan Bolivia.
  • Ganja. Ganda atau yang biasa disebut Cannabis atau Cimeng ini sebenarnya merupakan tanaman kaya serat. Namun tamanan ganda tersebut juga kaya akan kandungan narkotikanya. Kandungan narkotika tersebut yaitu tetrahidrokanabinol (THC). Penggunaan ganja ini biasanya dilinting dan dijadikan rokok. Asap yang dihasilkan dalam rokok tersebutlah yang bisa membuat seseorang yang menghisap dan menghirupnya "merasa melayang".
  • Lysergic Acid atau Acid atau Trips merupakan jenis bahan kimia baru yang bersifat halusinogen. bahan kimia atau obat ini, berbentuk seperti kertas dan biasanya lekat dengan istilah psikadelik
  • Mescalin
  • Barbiturat, yaitu jenis obat penenang yang dapat mengurangi aktivitas di otak dan dapat menyebabkan kecanduan seseorang.
  • Demerol
  • Dektropropolsiven

Psikotropika merupakan zat yang sengaja dibuat dari hasil rekayasa dimana proses pembuatan zat tersebut berfokus pada pengaturan struktur kimianya. Dengan kata lain Psikotropika adalah zat baik alamiah maupun sintesis bukan narkotika yang berkhasiat psikoaktif melalui seletif pada susunan saraf pusat yang dapat menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku seseorang (wikipedia). 

Adapun jenis-jenis Psikotropika tersebut diantaranya sebagai berikut :
  • Ectasy atau ineks, 
  • Shabu-shabu (methamphetamine)
  • Benzodiazepin atau biasa di sebut pil Nipam, BK dan Magadon.
Penyalahgunaan obat psikotropika dapat menurunkan aktivitas obat yang biasa merangsang susunan saraf pusat dan dapat menimbulkan kelainan perilaku serta timbulnya rasa halusinasi, ilusi, gangguan cara berpikir, perubahan alam perasaan dan dapat menyebabkan ketergantungan.

Lalu apa saja bahaya yang mengintai pengguna Narkoba tersebut ? Bahaya penyalahgunaan Narkoba tersebut berbeda-beda tergantung dari jenis narkoba apa yang digunakannya. Secara umum bahaya yang mengintai bagi pengguna narkoba tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pengguna Opioid, biasanya akan merasakan depresi, apatis terhadap lingkungan, cenderung gugup dan gelisah saat menghadapi sesuatu, sering tidur, rasa lelah yang berlebihan, cenderung malas, sering kejang-kejang, denyut jantung berlebihan, gampang tersinggung, sering merasa curiga, eufoira yang berlebihan, terlalu percaya diri, bicara melantur, pupil mata mengecil, tidak selera makan, berat badan turun, sering mual dan muntah, dan tekanan darah meningkat.
  2. Yang terjadi pada pengguna Kokain biasanya yaitu denyut jantung menjadi lebih cepat dari biasanya, sering merasa gelisah, gaya bicara melantur, rasa gembira yang berlebihan, percaya diri meningkat, pupil mata melebar, keringat dingin, muudah tersinggung, pendarahan pada otak, penyumbatan pembuluh darah, dan kekakuan otot leher.
  3. Yang terjadi bagi pengguna Ganja yaitu mata cenderung sembab, kantung mata terlihat bengkak, mata merah dan berair, lebih sering melamun, pendengaran terganggu, dan sering tertawa sendiri, mudah tersinggung, tidak bergairah, selalu gelisah, dehidrasi dan rawan terkena liver, tulang gigi mudah keropos, gangguan pada syaraf otak dan syaraf mata.
  4. Sedangkan yang terjadi pada pengguna Ectasy dan Shabu-Shabu / sabu-sabu diantaranya cenderung enerjik namun mata tampak sayu dan wajahnya pucat, sering berkeringat, susah tidur, sulit berpikir karena kerusakan syaraf otak, pendarahan pada otak, dehidrasi, gangguan liver, nafsu makan menghilang, dan kerusakan pada syaraf mata, ngelantur, dan gangguan tidur.
  5. Pengguna Benzodiazepin biasanya akan mengalami wajah kemerahan, berjalan sempoyongan, banyak bicara, mudah emosi, konsentrasi terganggu, dan kerusakan pada organ-organ tubuh dan otak.

Topik Terkait : Bahaya Obat Zenith Jika Disalahgunakan


Tag :
Penyalahgunaan narkoba
Bahaya narkoba
Efek narkoba
Narkoba napza
Narkotika

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bahaya Penyalahgunaan Narkoba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel