Objek Wisata Yang Ada Di Kabupaten Kotabaru

Kabarkan.co.id, Kotabaru - Bila anda saat ini berada di Kotabaru Kalimantan Selatan untuk pertama kalinya sempatkan waktu luang anda untuk berwisata sejenak di wilayah Kotabaru, siapa tahu bisa meninggalkan kenangan yang tak terlupakan untuk anda dan keluarga kala mengunjungi Kotabaru.

Terdapat sejumlah objek wisata di kabupten Kotabaru ini yang sebagian besar berupa objek wisata alam seperti pantai, dan perbukitan yang memiliki panorama indah di setiap tempatnya. Sebagian besar objek wisata yang ada di sekitar Kotabaru ialah objek wisata berupa wisata pantai.

Banyaknya objek wisata pantai tersebut tidak terlepas dari lokasi Kotabaru yang dikelilingi lautan karena posisi Kotabaru sendiri berada di Pulau Laut terlepas dari daratan pulau Kalimantan.

Selain itu di sekitar Pulau Laut juga terdapat beberapa pulau kecil lainnya seperti pulau Sembilan yang terletak di Selatan Pulau Laut dan Pulau Sebuku yang terletak di Timur Pulau Laut dengan keindahannya masing-masing.

Tak perlu panjang lebar, berikut beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Kotabaru yang bisa anda kunjungi bersama keluarga maupun teman dan sahabat anda.



Siring Laut

Siring Laut Kotabaru
Siring Laut Kotabaru
Siring Laut merupakan objek wisata yang populer di Kotabaru dan terletak di pusat kota Kotabaru. Siring Laut adalah sebuah siring di tengah kota yang dibuat untuk menahan dan memecah ombak laut. 

Karena letaknya di pinggir laut dan berada di pusat kota maka di sekitar siring tersebut dibuatlah sebuah taman kota untuk warga Kotabaru. Taman tersebut kini lebih dikenal dengan sebutan Taman Siring Laut

Taman Siring Laut ini cukup ramai dikunjungi masyarakat Kotabaru dari berbagai usia khususnya pada sore hari dan akhir pekan karena taman siring laut ini dijadikan sebagai sarana tempat bermain dan bersantai. 

Siring Laut ini terletak di persis depan kantor Bupati Kotabaru. Biasanya pada saat acara-acara besar seperti malam Tahun Baru, malam Idul Fitri, HUT Kab. Kotabaru, dan HUT Kemerdekaan RI, selalu diadakan acara yang bertempat di taman Siring Laut

Awalnya di Siring Laut terdapat tugu ikan todak yang merupakan ikan khas sekaligus maskot Kabupaten Kotabaru. 

Namun setelah dilakukan renovasi dan penataan ulang Taman Siring Laut pada tahun 2014 silam, tugu ikan tersebut di bongkar dan digantikan dengan tulisan SIRING LAUT KOTABARU yang terdapat di pinggir siring tersebut.


Pantai Gedambaan atau Pantai Sarang Tiung

Pantai Gedambaan
Pantai Gedambaan Sarang Tiung (Foto : Zonesa)
Pantai Gedambaan atau yang lebih akrab di sebut pantai Sarang Tiung merupakan salah satu objek wisata andalan kabupaten Kotabaru selain Taman Siring Laut. 

Jika sudah mengingatkan kaki di Kotabaru tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pantai Gedambaan atau pantai Sarang Tiung

Pantai Gedambaan atau pantai Sarang Tiung berjarak 14 Km dari pusat kota Kotabaru dengan waktu tempuh 20 menit perjalanan darat. Kondisi jalan menuju ke pantai Gedambaan atau sarang tiung cukup sempit namun kondisinya bagus.

Hamparan pasir putih pantai Gedambaan Sarang Tiung sangat bersih, dan deburan ombaknya juga cukup indah. 

Setiap akhir pekan dan hari-hari libur nasional objek wisata pantai Gedambaan Sarang tiung ini selalu dipadati pengunjung dari berbagai daerah. 

Untuk anda dan keluarga yang merencanakan bermalam di pantai Gedambaan Sarang Tiung jangan kuatir, kini tersedia villa atau cottage di sekitar pantai. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap ditambah dengan harga yang cukup terjangkau.

Pantai Teluk Gosong


Pantai Teluk Gosong berada tidak jauh dari pantai Gedambaan Sarang Tiung. Diperlukan waktu 5-10 menit untuk menuju ke pantai Teluk Gosong dari pantai Gedambaan Sarang Tiung. 

Jika pantai Gedambaan berjarak Km 14 dari pusat kota, maka pantai Teluk Gosong ini berjarak 18 Km dari pusat kota Kotabaru. 

Hamparan pasir putih di pantai Teluk Gosong tidak jauh berbeda dengan pantai Gedambaan namun tidak ada cottage di sekitar pantai Teluk Gosong dan suasananya cukup sepi berbeda jauh dengan pantai Gedambaan yang selalu ramai pengunjung. 

Selain hamparan pasir putih, di sekitar pantai juga banyak terdapat bebatuan baik kecil maupun besar, sehingga diperlukan kehati-hatian jika berjalan di bibir pantai tersebut.

Pantai Teluk Gosong sangat cocok buat anda yang menginginkan ketenangan dan keheningan dalam menikmati laut.

Terkait : Objek Wisata Kabupaten Tanah Bumbu


Pulau Sambar Gelap

Pulau Sambar Gelap

Objek wisata yang cukup terkenal di Kotabaru selanjutnya adalah Pulau Sambar Gelap.

Pulau Sambar Gelap merupakan pulau kecil yang terdapat di sisi tenggara Pulau Laut. Luas pulau Sambar Gelap hanya kurang dari 5 ha. Diperlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan laut dari Batulicin ibukota kabupaten Tanah Bumbu atau 3 jam dari Kotabaru untuk menuju ke pulau Sambar Gelap.

Pulau Sambar Gelap terkenal karena keindahan panorama lautnya yang masih jarang tersentuh oleh manusia.

Air laut di pulau Sambar Gelap pun terlihat bersih sehingga ikan-ikan yang ada di pulau Sambar Gelap seolah memanggil para wisatawan untuk berenang menelusuri cantiknya pemandangan yang ada di bawahnya.


Pulau Sambar Gelap
Pulau Sambar Gelap (Foto : telusurindonesia.com)
Pulau Sambar Gelap juga memiliki pasir yang putih bersih lembut, serta gelombang yang tidak terlalu besar namun memancarkan hembusan angin yang lembut.  Pulau Sambar Gelap juga merupakan tempat konservasi penyu yang dilindungi. 

Bagi anda yang ingin menginap di pulau Sambar Gelap agak sedikit kesulitan, karena di pulau Sambar Gelap tidak disediakan tempat penginapan untuk umum. 

Namun anda tak perlu khawatir karena beberapa rumah warga siap untuk menampung anda menginap di rumahnya. Atau bagi anda yang hobby berpetualang dapat mendirikan tenda penginapan di sekitar pulau Sambar Gelap tersebut. 

Satu hal penting yang harus anda taati selama berada di pulau Sambar Gelap ialah jagalah diri dalam bersikap dan jagalah kebersihan pulau Sambar Gelap.


Terkait : Objek Wisata Air Terjun Pucuk Merah


Bukit Mamake

Bukit Mamake
Bukit Mamake (Foto : Nurul Auda)
Ingin melihat keindahan alam Kotabaru dari ketinggian ? Datanglah ke bukit Mamake. Bukit Mamake tidak jauh dari pusat Kotabaru. 

Bukit Mamake ini terletak di desa Sigam Kotabaru, kurang lebih bisa di tempuh dalam waktu 15 menit dari pusat kota. Namun anda diharuskan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki mendaki bukit Mamake tersebut dengan waktu tempuh 30 menit.

Semua kelelahan saat mendaki bukit Mamake akan terbayar dengan keindahan alam yang disajikan di bukit Mamake. Anda yang gemar olah raga paralayang, bukit Mamake adalah pilihan tepat untuk mereka yang memiliki hobby paralayang.


Teluk Tamiang Kotabaru

Teluk Tamiang Kotabaru
Teluk Tamiang Kotabaru  (Foto : zianarmie.blogspot.co.id)
Teluk Tamiang Kotabaru berupa objek wisata yang menawarkan keindahan bawah laut yang tidak kalah dengan dengan wisata bawah laut lainnya semisal Bunaken yang ada di Manado. 

Hamparan terumbu karang di sepanjang teluk Tamiang ini sangat eksotik terlebih teluk Tamiang ini masih jarang tersentuh manusia.

Teluk Tamiang Kotabaru ini berada cukup jauh dari Kotabaru dengan jarak 90 Km. Anda bisa menggunakan jalur darat maupun jalur laut untuk menuju ke teluk Tamiang tersebut.


Hutan Wisata Meranti

Hutan Wisata Meranti
Hutan Meranti Kotabaru (Foto : Industri.bisnis)
Hutan Wisata Meranti berada di desa Sebelimbingan Kotabaru, perlu waktu 20 menit untuk menuju ke lokasi ini dari pusat kota.

Namun setelah tiba di pintu gerbang hutan wisata Meranti anda diwajibkan berjalan kaki selama 20 menit lagi untuk menuju ke areal tersebut karena kondisi jalannya masih berupa jalan setapak.

Hutan Wisata Meranti merupakan kawasan ekowisata, disini banyak terdapat tanaman meranti yang dibudidayakan.

Awalnya tanaman meranti tersebut dikelola dan dikembangkan oleh PT. Inhutani II Kalimantan Selatan sebelum akhirnya diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

Hutan ini cukup luas, dan kedepannya selain dijadikan tempat untuk penelititan, hutan wisata meranti ini akan dijadikan sebagai tempat konservasi hewan rusa, burung, dan lain sebagainya.


Terkait : Daftar Hotel Di Kota Batulicin Beserta Harganya


Pulau Manti


Objek wisata lainnya yang ada di Kotabaru adalah Pulau Manti. 

Pulau Manti merupakan pulau kecil yang terletak persis di tengah-tengah antara Pulau Laut dan Pulau Sebuku di seberang Pulau Laut. Pulau Manti tidak berpenghuni, dan pulau ini merupakan tempat konservasi penyu.

Diperlukan angkutan laut misalnya speed-boat untuk menuju ke pulau Manti ini. Waktu yang ditempuh saat menggunakan transportasi speed boat tersebut adalah 15 menit.

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk bepergian ke pulau Manti karena disaat itu gelombang laut dan angin di sekitar pulau tersebut tidak terlalu kencang dan cenderung tenang.

Jika anda berencana untuk berwisata ke Pulau Manti sebaiknya anda berangkat melalui pantai Gedambaan Sarang Tiung.

Demikian beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Kotabaru, kemungkinan masih banyak lagi objek wisata lainnya yang belum terekspose secara luas yang tidak kalah indahnya dengan objek wisata di atas.

Semoga informasi yang kami sajikan dapat membantu anda dalam menentukan tujuan rekreasi anda dan keluarga.

Baca Juga :

Objek Wisata Untuk Liburan Akhir Pekan di Batulicin

Butuh Travel ke Batulicin atau Banjarmasin, Gunakan Batulicin Travel Saja

0 Response to "Objek Wisata Yang Ada Di Kabupaten Kotabaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel