Ini Asuransi Penting Yang Harusnya Sudah Anda Miliki Jika Usia Anda Minimal 25 Tahun


Kabarkan.co.id, Batulicin - Umur 25 tahun ke atas atau yang sudah menikah dan sudah memperoleh penghasilan sendiri, seharusnya sudah mulai memikirkan program proteksi diri yang diperuntukkan untuk diri sendiri maupun bagi keluarga. 


Program Asuransi (Foto : Shutterstock)

Namun kenyataannya hal tersebut sering diabaikan oleh sebagian masyarakat terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah-daerah. Umumnya bagi mereka yang mengabaikan program proteksi diri tersebut karena enggan untuk membuatnya dan masih dianggap tidak terlalu penting (biasanya karena asalan ekonomi). Padahal sebenarnya program proteksi tersebut sangat penting untuk diri sendiri dan keluarga terlebih di tengah kebutuhan hidup yang terus meningkat dari hari ke hari.

Anda yang berumur 25 tahun ke atas atau sudah menikah dan sudah bekerja seharusnya sudah memiliki setidaknya 1 program proteksi diri saat ini, diantaranya asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pensiunan, asuransi pendidikan anak, dan asuransi perlindungan harta benda seperti asuransi mobil atau asuransi tempat tinggal.

Mengapa demikian ? karena dengan semakin tambahnya usia seseorang, maka semakin tambah pula tingkat kebutuhan seseorang tersebut, namun sayangnya peningkatan kebutuhan tersebut tidak diimbangi dengan tingkat penghasilan seseorang. Nah untuk mengantisipasi tersebut diperlukanlah yang namanya asuransi. Dengan memiliki asuransi berarti seseorang tersebut telah memiliki jaminan pembayaran atas risiko yang akan dihadapinya suatu saat nanti. 


Lalu asuransi apa saja yang harusnya sudah anda miliki saat ini terlebih jika usia anda sudah memasuki usia 25 tahun ? Berikut ulasannya.


Asuransi Penting Yang Harusnya Sudah Anda Miliki Jika Usia Anda Minimal 25 Tahun

Asuransi Kesehatan 


Asuransi Kesehatan (Foto : Reliance Life)

Asuransi kesehatan merupakan program proteksi utama yang harus anda dan keluarga miliki saat ini karena kebutuhan akan kesehatan tersebut terus meningkat setiap saat. Tidak sedikit masyarakat harus mengeluarkan biaya yang cukup besar hanya untuk sekedar berkonsultasi ke dokter perihal kesehatannya di sejumlah klinik maupun rumah sakit, belum lagi jika seseorang tersebut harus menebus biaya pengobatan dengan nominal yang tidak sedikit jumlahnya, tentu hal tersebut sangat memberatkan. 

Namun lain halnya jika anda dan keluarga sudah memiliki asuransi kesehatan, biaya kesehatan yang timbul akan dibayarkan oleh pihak asuransi.

Ada banyak program asuransi kesehatan yang bisa anda miliki saat ini baik itu program asuransi kesehatan yang dikelola swasta maupun program asuransi kesehatan yang dikelola negara / pemerintah misalnya BPJS Kesehatan.


Asuransi BPJS Kesehatan

Jika di daerah anda hanya terdapat RSUD maka untuk memudahkan pengobatan tersebut pergunakanlah program asuransi kesehatan pemerintah salah satunya BPJS Kesehatan
Namun jika di daerah anda terdapat beberapa rumah sakit baik itu RSUD maupun rumah sakit umum swasta yang telah bekerja sama dengan asuransi kesehatan, anda bisa memilih salah asuransi kesehatan yang ada baik itu asuransi milik pemerintah maupun asuransi milik swasta yang disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Premi / biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti program asuransi kesehatan swasta biasanya cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan program asuransi yang dikelola pemerintah. Mahalnya premi tersebut disesuaikan dengan manfaat yang didapatnya.

Umumnya premi untuk asuransi kesehatan swasta tersebut yaitu minimal premi sebesar Rp 300.000,- perbulan. Sedangkan premi untuk asuransi kesehatan yang dikelola pemerintah jauh lebih kecil, misalnya saja premi untuk asuransi BPJS Kesehatan hanya sebesar Rp 25.500 hingga Rp 80.000,- perbulan.  

Program asuransi kesehatan baik yang dikelola oleh swasta maupun yang dikelola oleh negara memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Keunggulan dan kekurangan tersebut bisa anda pelajari dan disesuaikan dengan kebutuhan anda dan keluarga di masa yang akan datang.

Seharusnya sudah tidak ada alasan lagi bagi anda yang masih enggan untuk memiliki asuransi kesehatan terlebih alasan ekonomi, karena biaya premi untuk program asuransi kesehatan tersebut sudah sangat terjangkau khususnya untuk program asuransi yang dikelola oleh pemerintah. 

Akan jauh lebih mahal jika seandainya anda dan keluarga berobat di rumah sakit tanpa menggunakan asuransi kesehatan sama sekali.


Asuransi Jiwa 


Asuransi Jiwa (Foto : Asuransime)

Program asuransi penting berikutnya yang harusnya sudah anda miliki yaitu asuransi jiwaProgram asuransi jiwa ini juga penting untuk menjaga keberlangsungan kebutuhan keluarga anda saat anda suatu saat meninggal dunia. 

Memang umur dan hidup seseorang tidak ada yang tahu sampai kapan berlangsung, namun jika anda suatu saat nanti meninggalkan dunia ini, setidaknya anda dapat meninggalkan "sesuatu yang berharga" buat keluarga anda yang akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga anda nantinya. 

Kebutuhan akan asuransi jiwa ini dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda, misalnya anda memilih asuransi jiwa yang premi nya ringan serta premi tersebut bisa kembali seluruhnya jika tidak ada klaim (tidak meninggal dunia) sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan. 


Asuransi Pensiun


Asuransi Pensiun (Foto : Media Informasi Indonesia)

Asuransi yang paling sering diabaikan orang padahal asuransi ini juga penting ialah asuransi pensiun. Asuransi pensiun ini sangat penting bagi anda yang tidak bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sesuai namanya asuransi pensiun diperuntukkan bagi anda yang ingin masa tuanya lebih terjamin kala memasuki usia pensiun. 

Sebagaimana kita ketahui bahwa batas usia produktif seseorang untuk bekerja di suatu perusahaan adalah 55 tahun, setelah itu kita akan memasuki yang mana namanya masa pensiun. Tidak sedikit bagi mereka di kala sudah memasuki usia pensiun masih tetap bekerja keras padahal dirinya tidak sekuat saat masih produktif, hal ini dikarenakan adanya kebutuhan yang harus dipenuhi kala memasuki usia senja.

Nah untuk menghindari hal tersebut, hendaknya bagi anda yang bukan seorang PNS, mempersiapkan kebutuhan di masa tua seperti memiliki asuransi pensiun adalah pilihan yang tepat dan bijaksana, hal ini penting untuk mengantisipasi kebutuhan anda di kala senja.


Asuransi Pendidikan


Ilustrasi Asuransi Pendidikan (Foto : asuransiprudential.web.id)

Asuransi pendidikan ini penting anda yang telah menikah dan telah memiliki anak. Sebagaimana kita ketahui biaya pendidikan saat ini dari tahun ke tahunnya terus meningkat, terlebih bagi orang tua yang menyekolahkan anaknya di pendidikan swasta. Biaya pendidikan tersebut semakin besar saat ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sehingga tidak sedikit dari para orang tua terkadang harus menyerah saat menghadapi kondisi demikian.

Nah untuk mengatasi permasalahan di atas hendaknya anda selaku orang tua sudah seharusnya memikirkan program asuransi pendidikan anak tersebut. Banyak keuntungan yang bisa anda peroleh jika mengikuti program asuransi pendidikan tersebut. Dari sekian banyak keuntungan tersebut yang utama ialah antisipasi kebutuhan biaya pendidikan yang tinggi di kemudian hari.


Asuransi Harta Benda

Ilustrasi Asuransi Harta Benda (Foto : Adonai)

Asuransi lain yang tidak kalah penting yang bisa anda miliki yaitu asuransi perlindungan harta benda, misalnya asuransi rumah yang melindungi rumah anda dari risiko kebakaran, bencana alam seperti banjir dan gempa bumi, ataupun asuransi untuk perlindungan kendaraan anda seperti asuransi mobil dan lain sebagainya.

Pemilihan asuransi perlindungan harga benda ini sebenarnya bukan kebutuhan pokok seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa namun sifatnya tidak kalah penting dengan asuransi diatas karena sama-sama melindungi dari risiko yang ditimbulkan.

Bagi anda yang ingin memiliki perlindungan harga benda, sebaiknya anda pelajari dengan seksama asuransi yang ditawarkan tersebut terlebih dahulu, hal ini penting agar anda tidak merasa dirugikan di kemudian hari.

Demikian ulasan kami mengenai asuransi penting yang harusnya sudah anda miliki jika usia anda sudah mencapai 25 tahun. Semoga menambah ulasan kami ini menambah wawasan anda dan keluarga.

Penulis : Rey


Terkait :

Siapkan Tabungan Hari Tua Anda Dengan Reksadana

Reksadana Saham Manulife Saham AndalanPilihan Tepat Tabungan Masa Depan

6 Langkah Cegah Penyakit Jantung Diusia Muda

Tidak Mampu Melihat Jelas Dari Jarak 3 Meter, Tanda Kebutaan ? Segera Periksa Mata Anda

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini Asuransi Penting Yang Harusnya Sudah Anda Miliki Jika Usia Anda Minimal 25 Tahun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel