Berapa Biaya Hidup Di Batulicin? Ini Dia Rinciannya

Kabarkan.co.id, Batulicin - Beberapa orang mengatakan bahwa biaya hidup untuk tinggal di Batulicin terbilang cukup tinggi alias mahal jika dibandingkan dengan Kabupaten lain yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan. Hal tersebut wajar mengingat Batulicin berada jauh dari ibu kota Provinsi yaitu Banjarmasin sehingga membutuhkan akses dan biaya yang cukup tinggi untuk pengiriman barang dan jasa ke Batulicin khususnya menggunakan jalur darat. 
Taman Cinta Batulicin (Foto : Rahman Andra Wijaya)
Yang jelas tidak ada indikator yang pasti mengapa biaya hidup di Batulicin dikatakan tinggi atau mahal, semua perlu dikaji lebih dalam lagi, mulai biaya kebutuhan hidup masyarakatnya, sampai biaya kebutuhan lainnya. Namun beberapa kasus berikut bisa menjadi contoh mengapa biaya hidup di Batulicin itu mahal.

Ambil contoh biaya makan. Rata-rata biaya seporsi makan di rumah makan yang ada di Batulicin itu kisaran Rp 25.000,- hingga Rp 35.000,- perporsinya. 

Namun kebutuhan makan tersebut akan jauh lebih murah jika anda buat sendiri di rumah, mengingat kebutuhan bahan-bahan pokok di sejumlah pasar yang ada di Batulicin cukup terjangkau dan tidak jauh berbeda dengan daerah lain yang ada di Kalimantan Selatan. 

Jikapun ada perbedaan harga, bisa dipastikan selisihnya tidak terlalu jauh. Rata-rata kebutuhan makan tersebut jika diolah sendiri akan menghabiskan biaya sekitar Rp 35.000,- perhari.
Biaya Hidup
Ilustrasi Biaya Hidup (Foto : Rewinnita)
Untuk kebutuhan pakaian, dan kelengkapan lainnya seperti alat-alat rumah tangga, maupun kebutuhan bangunan, harga yang ditawarkan di sejumlah toko di Batulicin juga tidak jauh berbeda dengan daerah lainnya.

Sementara itu harga sewa tempat tinggal di Batulicin seperti kost, kontrakkan (bedengan) harganya juga bervariasi tergantung lokasi dan ukuran bangunan. 

Rata-rata harga sewa kost di Batulicin mencapai Rp 350.000,- hingga Rp 600.000,- perbulan. Namun untuk sebuah rumah kontrakkan harganya bisa mencapai antara Rp 750.000,- hingga Rp 1.200.000,- perbulan (tergantung tipe dan ukuran rumah). 

Jika anda berkeinginan membeli properti di Batulicin sebaiknya diperhatikan lebih teliti. informasinya harga tanah di Batulicin ini cukup tinggi tergantung lokasi. 

Tanah yang berada di perkotaan seperti terletak di pinggir jalan utama bisa mencapai harga jutaan rupiah permeter. Sedangkan tanah yang berada di gang-gang ataupun bukan jalan utama bisa mencapai harga Rp 500.000,- hingga Rp 750.000,- permeter. 

Namun jika tanah tersebut berada jauh dari perkotaan berjarak 5-10 KM dari kota, harganya jauh lebih murah berkisar Rp 75.000,- hingga Rp 500.000,- permeternya.

Item selanjutnya yaitu kebutuhan transportasi. Di Batulicin tersedia banyak transportasi dari dan ke berbagai tujuan baik dalam kota maupun keluar kota dengan harga bervariasi tergantung jarak namun harganya masih terjangkau. 

Contohnya biaya angkutan perkotaan (angkot), penumpang umum angkot akan dikenakan tarif jauh depat sebesar Rp 6.000. Sedangkan angkutan antar kabupaten akan dikenakan tarif rata-rata Rp 80.000. Jika menggunakan jasa transportasi travel misalnya untuk jurusan Batulicin - Banjarmasin harga tersebut bisa mencapai Rp 125.000,- hingga Rp 150.000,- perorang, sedangkan untuk jurusan Batulicin - Balikpapan ataupun sebaliknya bisa mencapai Rp 250.000,- perorang.


Ilustrasi Perhitungan Biaya Hidup (Foto : Kredit Gogo)
Sebenarnya masih banyak lagi item-item lainnya yang tidak semuanya bisa kami sajikan mengingat keterbatasan informasi. Terlepas mahal tidaknya biaya hidup di Batulicin, tergantung dari diri sendiri yang menilainya. Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat untuk anda dan keluarga.

Penulis : Rey

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berapa Biaya Hidup Di Batulicin? Ini Dia Rinciannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel