Mengenal Pelabuhan Pelindo Batulicin

Kabarkan, Batulicin - Kabupaten Tanah Bumbu Propinsi Kalimantan Selatan terletak di sisi tenggara pulau Kalimantan atau terletak di wilayah pesisir Kalimantan Selatan.

Itu sebabnya Kabupaten Tanah Bumbu memiliki banyak pelabuhan baik itu pelabuhan khusus yang digunakan untuk kegiatan pengiriman hasil tambang, hasil perkebunan misalnya CPO, maupun pelabuhan yang digunakan untuk aktivitas bongkar muat barang dan pelayanan untuk penumpang umum.

Terminal Penumpang Pelabuhan Batulicin
Terminal Penumpang Pelabuhan Batulicin 
Salah satunya adalah pelabuhan yang terdapat di Batulicin yakni pelabuhan Pelindo Batulicin.

Pelabuhan Pelindo Batulicin yang terletak di pusat kota Batulicin ini melayani aktivitas bongkar muat barang, kontainer maupun layanan penumpang umum dari berbagai jenis kapal laut baik milik BUMN seperti PELNI maupun milik swasta seperti Dharma Lautan Utama.

Pelabuhan Pelindo atau yang akrab di sebut pelabuhan Samudera Batulicin saat ini dikelola sepenuhnya oleh PT. Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) Cabang Kotabaru dan Batulicin. Hampir setiap hari terdapat aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan Pelindo Batulicin ini, umumnya aktivitas tersebut adalah aktivitas bongkar muat peti kemas menggunakan kontainer dalam berbagai ukuran.

Sementara itu untuk layanan kapal penumpang selalu saja ada aktivitas menaikkan dan menurunkan penumpang yang biasanya dilakukan 2-4 kali dalam seminggu. 



Butuh Travel ke Batulicin atau Banjarmasin, Gunakan Batulicin Travel Saja


Seperti yang telah dijelaskan di atas kapal penumpang tersebut umumnya merupakan kapal laut milik PT. Pelayaran Indonesia (PELNI) yang secara khusus mengangkut penumpang dan barang, PT. Dharma Lautan Utama, dan sejumlah perusahaan pelayaran lainnya.

Terminal Peti Kemas Pelabuhan Batulicin
Terminal Peti Kemas Pelabuhan Batulicin 
Adapun rute tujuan kapal penumpang melalui pelabuhan Pelindo Batulicin diantaranya rute Batulicin - Surabaya (PP), Batulicin - Makassar (PP), dan Batulicin - Balikpapan (PP), dan sebagainya.

Jadwal Kapal Dari Batulicin ke Garongkong Barru


Kini di pelabuhan Pelindo Batulicin sudah tersedia terminal penumpang yang cukup nyaman maupun gudang tertutup yang dapat digunakan untuk penyimpanan barang.

Tentu saja ini merupakan bagian dari pelayanan yang diberikan Pelindo Batulicin selaku otoritas pelabuhan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang menggunakan pelabuhan Batulicin.

Pelabuhan Pelindo Batulicin
Pelabuhan Pelindo Batulicin 
Kedepannya mengingat aktivitas yang sudah mulai padat di pelabuhan Samudera Batulicin, PT. Pelindo III Kotabaru - Batulicin akan memperluas lagi dermaganya dalam beberapa meter dengan tujuan agar kapal - kapal yang ingin sandar di pelabuhan Batulicin tidak perlu antri lagi dan langsung bisa sandar di pelabuhan begitu kapal tersebut tiba di perairan Batulicin.

Selain perluasan dermaga, PT. Pelindo III Cabang Kotabaru-Batulicin akan membuat jalan baru yang terkoneksi ke pelabuhan mengingat jalan yang ada saat ini sudah sangat padat.

0 Response to "Mengenal Pelabuhan Pelindo Batulicin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel