Objek Wisata Kabupaten Tanah Bumbu


Kabarkan, Batulicin, - Ada sejumlah objek wisata yang bisa anda kunjungi di Kabupaten Tanah Bumbu. Hal tersebut sangat cocok bagi anda yang kini sedang berada di Kabupaten Tanah Bumbu dan memerlukan rekomendasi objek wisata di Kabupaten Tanah Bumbu untuk mengisi liburan baik sendiri maupun bersama keluarga tercinta. 

Objek wisata yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu sebagian besar merupakan objek berupa wisata alam seperti wisata pantai, wisata goa / gua, dan wisata lainnya seperti wisata taman kota, wisata religius tokoh agama atau pun tokoh sesepuh Tanah Bumbu.

Objek wisata di Kabupaten Tanah Bumbu tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan yang berasal dari dearah setempat maupun wisatawan dari berbagai daerah, khususnya pada akhir pekan maupun pada saat liburan tiba.

Keberadaan objek wisata yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu tersebut sudah mendapat perhatian dari dinas pariwisata setempat walaupun masih harus perlu pembenahan lagi di beberapa tempat, hal ini terbukti dengan telah tertata dengan baik beberapa bagian tempat objek wisata tersebut seperti menyediakan tempat untuk beristirahat, tempat toilet, maupun sejumlah tempat untuk berdagang. 

Tentunya hal tersebut menambah kenyamanan wisatawan saat mengunjungi objek wisata tersebut.

Selain itu ada juga beberapa kegiatan wisata yang sudah menjadi agenda tahunan pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu yang sayang untuk dilewatkan begitu saja misalnya kegiatan Mappanretasi di pantai Pagatan adalah salah satunya. 

Mappanretasi merupakan sebuah kegiatan memberi makan laut oleh masyarakat adat suku Bugis Pagatan dimana kegiatan tersebut dilaksanakan secara turun-temurun setiap tahunnya. Biasanya kegiatan memberi makan laut atau yang lebih akrab disebut sebagai pesta pantai Pagatan ini dilaksanakan pada bulan April setiap tahun.

Berikut kami informasikan kembali secara singkat beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, Batulicin, dan sekitarnya.

Terkait : Daftar Hotel di Kota Batulicin Beserta Harganya

Pantai Pagatan

Pantai Pagatan (Foto : Zaini Daha)
Pantai Pagatan merupakan salah satu objek wisata andalan yang dimiliki oleh dinas pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu yang terletak di kota Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir atau kurang lebih 25 Km dari pusat kota Batulicin. 

Hamparan pasir putih bersih yang memanjang di sepanjang Pantai Pagatan ini memang terlihat indah dan menggoda mata untuk berlama-lama di bibir pantai Pagatan. 

Ada banyak tempat yang bisa disinggahi di sepanjang pantai Pagatan tersebut. Namun tempat yang menjadi favorit tiap berkunjung ke pantai Pagatan ini adalah tugu perahu pantai Pagatan lapangan 7 Februari yang terletak di pusat kota Pagatan dan siring pantai Pagatan yang terletak di ujung kota Pagatan.


Siring Pantai Pagatan (Foto : Jalan2)
Setiap tahun di pantai Pagatan ini selalu diadakan kegiatan Budaya Mappanretasi yaitu kegiatan syukuran adat masyarakat Bugis berupa memberi makan laut yang dilaksanakan setiap tahun. 

Mappanretasi oleh masyarakat setempat lebih di kenal dengan sebutan pesta pantai atau pesta laut pagatan. 

Biasanya sebelum puncak acara adat tersebut terlebih dahulu akan diadakan sejumlah kegiatan kemasyarakatan yang diadakan oleh pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu selama satu bulan penuh dimana kegiatan tersebut dipusatkan di kota Pagatan, dan puncak kegiatan dari rangkaian tersebut adalah acara adat Mappanretasi oleh masyarakat Bugis di pantai Pagatan.

Pantai Pagatan (Foto : Wikipedia)
Kegiatan Mappanretasi ini dilaksanakan pada bulan April selama sebulan penuh. Kegiatan tersebut sekaligus merupakan kegiatan dalam rangka HUT Pemerintahan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu. 

Itu sebabnya kegiatan Mappanretasi ini selalu ditunggu oleh masyarakat tidak saja dari Tanah Bumbu namun juga masyarakat dari luar Tanah Bumbu seperti Kotabaru, Banjarmasin, Banjarbaru, dan luar daerah lainnya.

Pantai Rindu Alam

Pantai Rindu Alam (Foto : Muhwid.blogspot.co.id)
Pantai Rindu Alam terletak di wilayah kecamatan Kusan Hilir dimana pantai ini letaknya tidak terlalu jauh dari pantai Pagatan atau kira-kira 10 Km dari pusat Kota Pagatan dan 35 Km dari Pusat Kota Batulicin. 

Pantai Rindu Alam merupakan salah satu destinasi wisata favorit untuk keluarga dimana setiap akhir pekan maupun libur panjang tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. 

Umumnya wisatawan yang datang ke pantai Rindu Alam membawa anggota keluarganya sebab Pantai Rindu Alam ini sangat cocok untuk anda dan keluarga sebagai tempat liburan karena sarana dan prasarana yang ada di Pantai Rindu Alam terbilang lengkap mulai dari Pendopo untuk beristirahat dan berkumpul, pohon-pohon rindang yang membentang di sepanjang pantai, toilet, kolam renang, hingga sarana bermain untuk anak-anak.

Pantai Rindu Alam
Kedepannya pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pariwisata akan terus mengembangkan dan menambah sarana dan prasarana di pantai Rindu Alam sehingga diharapkan pantai Rindu Alam menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan di masa yang akan datang dan tentunya ramah untuk anak-anak. 

Terkait : Tempat Kuliner Yang Ada Di Batulicin

Pantai Angsana

Pantai Angsana (Foto : Galuh Fitriana)
Pantai Angsana merupakan pantai terbaru dan salah satu destinasi andalan objek wisata yang sedang dikembangkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Pantai Angsana terletak di kecamatan Angsana atau berjarak kurang lebih 70 Km dari pusat kota Batulicin dengan waktu perjalanan 1,5 jam. 

Lamanya waktu tempuh perjalanan tersebut tidak berarti apa-apa dan akan segera terbayar lunas saat tiba dan melihat keindahan pantai Angsana. 

Panorama hamparan pasir putih dan dan kebersihan pantai, serta deburan ombak turut menambah keindahan pantai Angsana tersebut. 


Pantai Angsana (Foto : Turindo.co.id)
Pantai Angsana ini masih tergolong baru sehingga perlu promosi yang gencar oleh dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu untuk mengaet minat wisatawan berkunjung ke pantai Angsana.

Adapun fasilitas di pantai Angsana tergolong lengkap dan nyaman mulai dari Penginapan, hotel, penyewaan perlengkapan selam, Banana Boat, penyewaan kapal, dan lain sebagainya. 

Kubah Pagatan

Kubah Pagatan (Foto : Panoramio)
Kubah Pagatan terletak di Pagatan Kecamatan Kusan Hilir atau berada di dekat pantai Pagatan. 

Kubah Pagatan merupakan salah satu makam tokoh religius yang sangat dihormati masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu yaitu Mufti Haji Muhammad Arsyad bin Mufti Haji Muhammad As'ad. 

Beliau dikenal dengan sebutan Tuan Mufti Arsyad Lamak adalah seorang ulama sekaligus salah satu cucu dari Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdullah al-Banjari. Sedangkan ibunya bernama Syarifah binti Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdullah al-Banjari. 

Menurut sejarah beliau dikenal sebagai ulama yang berani menegakkan hak dan memberantas yang batil, mengajarkan kasih sayang terhadap sesama, mengajarkan bagaimana sebaiknya bersikap saat berbicara, pemurah, dan adil terhadap yang benar namun keras terhadap orang yang berbuat salah. 

Selain sebagai ulama beliau juga dikenal sebagai salah satu Pahlawan dari Tanah Pagatan. Karena dedikasi sepanjang hidupnya hingga menghembuskan napas terakhirnya inilah beliau sangat dihormati oleh semua lapisan masyarakat khususnya masyarakat yang berasal dari Kalimantan Selatan. (Sumber : Wikipedia).  

Makam Mufti Haji Muhammad Arsyad ini kemudian dibuatkan kubah oleh cucunya yang bernama Mufti Indragiri, Riau, KH. Abdur Rahman Shiddig. 

Dan kini kubah Pagatan tersebut selalu ramai dikunjungi para pejiarah dari berbagai daerah. Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu menjadikan kubah Pagatan ini sebagai salah satu tempat wisata religius.

Terkait : Objek Wisata Air Terjun Pucuk Merah Batulicin

Goa (Gua) Liang Bangkai Bangkai dan Goa (Gua) Sugung
Goa Liang Bangkai
Objek wisata Goa Liang Bangkai dan Goa Sugung terletak di Jalan Kodeco KM 39 (goa Liang Bangkai ) dan KM 44 (goa Sugung) kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu. 

Memerlukan waktu hampir 1 jam perjalanan darat dari pusat kota Batulicin ke objek wisata Goa Liang Bangkai dan Goa Sugung ini. 

Jangan kuatir kondisi jalan yang dilalui saat ini sudah baik dan beraspal hanya beberapa kilometer saja yang jalanan tersebut belum di aspal.

Goa Liang Bangkai dan Goa Sugung ini merupakan destinasi wisata andalan pemerintah daerah Kab. Tanah Bumbu selain wisata pantai dan wisata religius.

Menurut sejarahnya Goa Liang Bangkai dan goa Sugung tersebut pernah di huni oleh manusia purba. Hal tersebut diperkuat dengan temuan tulang belulang berupa manusia purba di dalam goa tersebut beberapa waktu lalu. 

Selain temuan tulang belulang tim peneliti juga menemukan artefak lainnya berupa cangkak kerang dan lukisan purba di dinding goa tersebut.

Goa Liang Bangkai (Foto : SundaLand)
Goa Liang Bangkai dan Goa Sugung ini berupa goa yang terdiri dari tumpukan batu kapur yang terbentuk secara alami selama ribuan tahun yang lalu. 

Air Terjun Tabur Batulicin , Wisata Tersembunyi Kabupaten Tanah Bumbu

Setiap akhir pekan dan hari libur, kedua goa tersebut selalu dipadati wisatawan baik dan umumnya wisatawan yang datang ingin merasakan sensasi menjelajahi seluk beluk di dalam goa tersebut.

Ulasan lengkap mengenai goa Liang Bangkai ini dapat di baca di artikel berikut ini : 

Wisata Goa Liang Bangkai

Baca Juga :


Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Objek Wisata Kabupaten Tanah Bumbu"

  1. Untuk yang ingin berlibur kepantai angsana tanah bumbu kalsel
    Kami menyediakan penginapan (dangsanak bahari)
    Untuk informasi hub:081258374060

    ReplyDelete
  2. Penginapan dangsanak bahari pantai angsana.
    Informasi hub:081258374060

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel