Objek Wisata Air Terjun Pucuk Merah Jalan Kodeco KM 20, Air Terjun Batulicin Yang Tersembunyi


Kabarkan.co.id, Batulicin - Di sekitar Batulicin ternyata ada objek wisata berupa air terjun loh, tidak percaya ? ? Ini ulasannya. 

Air terjun Batulicin yang terletak di jalan Kodeco KM 20 Desa Sari Gadung Kecamatan Simpang Empat Batulicin tersebut memang secara visual tidak terlalu besar dan tidak terlalu tinggi namun keindahannya tidak kalah dengan air terjun pada umumnya. Air Terjun Pucuk Merah Batulicin demikian kami menyebutnya. Air terjun Pucuk Merah ini terasa bersih, dingin dan menyegarkan. Dinamakan air terjun pucuk merah karena di sekitar air terjun tersebut banyak terdapat daun pucuk merah. Namun masyarakat Batulicin sering menyebutnya Air Terjun Batulicin.

Air terjun Batulicin ini terbentuk secara alami dimana airnya berasal dari pegunungan yang ada di sekitar air terjun tersebut. Selain itu di sekitar air terjun pucuk merah ini banyak goa-goa kecil bekas galian batubara yang dilakukan secara manual oleh masyarakat sekitar.


Air Terjun Pucuk Merah

Terdapat dua mata air terjun dilokasi tersebut, pertama air terjun dengan lebar kurang lebih setengah meter dan yang kedua lebar air terjunnya hampir mencapai 2 meter. Sementara itu untuk ketinggian air terjun Pucuk Merah yang terdapat di Jalan Kodeco tersebut mencapai kurang lebih 3 meter dari permukaan airnya.

Untuk menuju ke air terjun Pucuk Merah ini membutuhkan perjuangan yang cukup berat. 

Dari kota Batulicin, ada dua jalur yang bisa anda tempuh. Pertama bisa melalui jalur jalan Transmigrasi menuju desa Transmigrasi Blok C (sebelum simpang bendungan) kemudian menuju jalan Kodeco hingga tiba di KM 20 dan yang kedua anda dapat melalui jalan Kodeco dari KM 1 menuju Desa Sari Gadung sampai nanti tiba di persimpangan KM 20. Kemudian dari persimpangan tersebut anda harus melanjutkan kembali perjalanan anda sejauh 5-6 KM ke masuk dalam. 


Air Terjun Pucuk Merah

Jalan untuk menuju ke lokasi tersebut merupakan bekas jalan tambang dengan kondisi jalan berlubang dan berbelok-belok. Menggunakan kendaraan roda empat / mobil menuju ke lokasi air terjun Pucuk Merah sebenarnya cukup berat karena medan jalan tersebut, jadi kami merekomendasikan sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua / motor untuk menuju ke air terjun tersebut agar lebih mudah dan lebih cepat tiba di lokasi. 


Terkait : Pantai Rindu Alam Pagatan, Pesona Alam Untuk Keluarga


Sebenarnya tidak apa-apa jika anda tetap memaksakan menggunakan kendaraan roda empat / mobil, namun tidak semua kondisi jalanan tersebut nantinya bisa dilalui kendaraan roda empat terlebih saat menjelang tiba di lokasi air terjun Pucuk Merah, hal ini dikarenakan kondisi jalanan tersebut kecil, cukup terjal, dan sulit untuk dilalui kendaraan mobil sehingga agar lebih aman anda harus berjalan kaki sejauh 500 meter untuk mencapai air terjun tersebut.


Air Terjun Pucuk Merah
Rintangan yang cukup berat tersebut akan terbayar lunas saat anda tiba di lokasi. Anda akan disambut panorama indah yang dipancarkan air terjun Pucuk Merah ini dan sejuknya air terjun Pucuk Merah ini seolah memanggil anda untuk membasahi tubuh yang telah letih.

Anda penasaran dengan keindahan air terjun Pucuk Merah Jalan Kodeco KM 20 ? Silahkan anda rasakan sendiri sensasinya. Selamat berlibur....

Baca Juga : Objek Wisata Kabupaten Tanah Bumbu

1 Response to "Objek Wisata Air Terjun Pucuk Merah Jalan Kodeco KM 20, Air Terjun Batulicin Yang Tersembunyi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel