Home » » 21 Tanaman Pekarangan Rumah Ber Khasiat Mistis

21 Tanaman Pekarangan Rumah Ber Khasiat Mistis

Kabarkan.co.id, - Kebutuhan tanaman saat ini sangat diminati berbagai lapisan masyarakat tidak saja masyarakat di perkotaan namun juga masyarakat di pedesaan. 

Umumnya tanaman yang diminati tersebut adalah tanaman hias yang banyak terdapat di pekarangan rumah. 

Fungsi tanaman hias tersebut umumnya untuk memperindah halaman rumah dan menambah kesejukan di area sekitar rumah tersebut. 

Namun tahukah anda ternyata banyak mitos yang berkembang di masyarakat kita mengenai tanaman hias bahkan sejumlah tanaman hias tersebut di percaya mempunyai khasiat mistis yang dapat memancarkan pengaruh baik maupun pengaruh buruk bagi pemilik rumah saat tanaman tersebut ditanam di halaman rumahnya. Ada yang menghindar walaupun meraka sudah tinggal diperkotaan.namun tidak sedikit juga yang tetap menanam tanaman tersebut dan merawatnya dengan baik walau menurut mitos tanaman tersebut memiliki aura negatif bagi penghuninya. 

Lalu apa saja tanaman apa saja yang di percaya memiliki khasiat mistis tersebut? 

Berikut tanaman pekarangan rumah yang di percaya mempunyai khasiat mistis di antaranya:

Sedap Malam

Tanaman di pekarangan rumah yang di percaya mempunyai khasiat mistis pertama yaitu tanaman sedap malam. Tanaman Sedap Malam sebagaimana namanya merupakan jenis tanaman hias yang mekar dan berbunga di kala malam tiba. Tanaman sedap malam ini memiliki varian bunga berwarna kuning, merah, dan putih. Namun umumnya tanaman sedap malam yang sering kita jumpai berwarna putih.

Perawatan tanaman sedap malam ini tergolong mudah dan tidak memerlukan media tanam yang rumit sebagaimana kebanyakan tanaman hias karena cukup di tanam dalam pot atau langsung tanam. Bunga Sedap Malam memiliki wangi yang menyegarkan dan biasanya bunga sedap malam ini digunakan sebagai dasar pembuatan parfum.

Tanaman sedap malam juga banyak di jual di toko tanaman hias dengan harga yang bervariasi tergantung kualitas.

Tanaman sedap malam yang di tanam di halaman rumah dipercaya dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi penghuni rumah.

Pohon Pinang Merah
Pinang Merah (Sumber :bibitbunga)

Tanaman pekarangan rumah yang di percaya mempunyai khasiat mistis berikutnya yaitu pohon pinang merah atau palem merah. Pohon pinang merah atau palem merah merupakan palem hias yang memiliki kelopak berwarna merah atau kemerahan dan biasanya di tanam di depan pekarangan rumah atau belakang rumah.


Pohon pinang merah atau palem merah tersebut bisa mencapai ketinggian 10 meter. Semakin tinggi dan semakin lebat rumpunnya semakin mahal harganya. Biasanya pohon pinang merah yang memiliki tinggi 1-1,5 meter dijual dengan harga > Rp 250.000 tergantung kualitas.

Perawatan pohon pinang merah juga tidak terlalu susah, hanya perlu penyiraman saja yang cukup ketika pohon mulai layu. Cukup lakukan pemotongan daun kering disekitar pohon pinang tersebut minimal 2 bulan sekali tergantung kebutuhan.

Pohon Pinang khususnya Pinang Merah (palem merah) yang di tanam di pekarangan rumah dipercaya membantu meningkatkan rejeki anggota keluarga di penghuni rumah serta di percaya aura dari pohon pinang yang dipancarkan mampu menangkis ilmu hitam di sekitar lingkungan rumah. 

Bunga Matahari
Bunga Matahari (Sumber :Wikimedia)

Tanaman di pekarangan rumah yang dipercaya mempunyai khasiat mistis selanjutnya adalah Bunga Matahari. Bunga Matahari merupakan tumbuhan semusim yang cukup banyak pengemarnya. Selain sebagai tanaman hias, tanaman bunga matahari merupakan tanaman penghasil minyak. Ciri dari bunga matahari ialah bunganya besar dan berwarna kuning terang layaknya matahari yang bersinar. Bijinya biasanya digunakan sebagai bahan pangan misalnya kuaci.

Bunga Matahari ini juga mudah ditemukan dan banyak dijual dengan harga terjangkau dan bervariasi.

Bagi sebagian kalangan, Bunga matahari yang ditanam di depan rumah dipercaya bisa memberikan harmonisasi bagi keluarga yang tinggal di dalam rumah tersebut. 

Sawo Kecik
Pohon Sawo (Sumber :Google)

Tanaman di pekarangan rumah yang mempunyai khasiat mistis yang ke empat yaitu tanaman sawo kecik. Bagi sebagian orang termasuk penulis sawo kecik ini merupakan buah yang enak untuk di konsumsi. 

Ciri khas dari pohon sawo kecik ini ialah memiliki batang kayu yang keras dan kuat sehingga cocok untuk bahan bangunan, perabot rumah tangga, dan lain sebagainya. Tinggi tanaman sawo kecil atau dalam bahasa lainnya disebut juga sawo jawa yaitu 25 meter.

Tidak seperti tanaman di atas, tanaman sawo kecik / sawo jawa kini mulai langka dan jarang orang menjual tanaman tersebut.

Bagi sebagian orang tanaman Sawo Kecik dipercaya dapat meningkatkan wibawa dan kehormatan bagi yang menanamnya serta yang tinggal di dalam rumah tersebut. 

Pohon Kenanga

Pohon Kenangan (Sumber :bibitbunga)

Tanaman di pekarangan rumah yang mempunyai khasiat mistis berikutnya yaitu Pohon Kenanga. Pohon Kenanga aslinya berasal dari Filipina. Tanaman ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi karena mampu menghasilkan minyak atsiri yang biasa digunakan sebagai bahan dasar parfum dan kayunya bisa dijadikan sebagai batang korek api dalam industri korek api.

Selain Pohon Pinang yang dipercaya mampu menangkis ilmu hitam, Pohon Kenanga yang ditanam di halaman rumah juga di percaya mampu menghalau ilmu hitam dan ilmu-ilmu buruk sejenisnya yang terpancar di sekeliling rumah. 

Pohon Kelor
Pohon Kelor (Sumber : Tribunnews)


Tanaman di pekarangan rumah yang mempunyai aura mistis ke enam yaitu Pohon Kelor. 
Pohon kelor ini memiliki ketinggian batang 7-11 meter. Daun kelor ini berbentuk bulat telor dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai. Daunnya bisa digunakan sebagai sayur maupun obat. Adapun bunganya berwarna putih kekuning-kuningan, biasanya bunga pohon kelor ini mengeluarkan aroma yang semerbak. 

Bagi sebagian orang daun kelor ini dapat dijadikan obat, diantaranya : 

  1. Untuk meningkatkan ketahanan tubuh
  2. Menyegarkan mata dan otak
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh
  4. Meningkatkan struktur sel tubuh
  5. Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit
  6. Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
  7. Memudahkan pencernaan
  8. Dan lain sebagainya

Sama halnya dengan pohon pinang maupun pohon kenangan yang mempunyai khasiat penangkal ilmu hitam, Pohon Kelor yang ditanam dihalaman rumah juga dipercaya mempunyai khasiat yang sama bagi pemilik rumah yaitu mampu menangkal ilmu hitam di sekitar rumah.

Tanaman Kuping Gajah

Kuping Gajah (Sumber :bibitbunga)

Tanaman hias selanjutnya yang dipercaya mempunyai khasiat mistis ialah tanaman Kuping Gajah. Tanaman Kuping Gajah merupakan tanaman hias yang cukup familiar di kalangan masyarakat. Kuping Gajah termasuk tanaman tropis dan mudah tumbuh dimana saja. Bentuk tanaman ini seperti kuping gajah, daunnya lebar namun tangkainya kecil.

Bagi sebagian orang Tanaman Kuping Gajah dipercaya mampu memberikan aura positif berupa kelancaran rejeki bagi penghuni rumah.

Bunga Wijayakusuma

Bunga Wijaya Kusuma

Tanaman hias untuk pekarangan rumah yang dipercaya memiliki khasiat mistis berikutnya ialah Bunga Wijaya Kusuma. Bunga Wijaya Kusuma termasuk kedalam tanaman jenis kaktus. Bunga ini memiliki bentuk bunga yang indah dan keunikannya yaitu hanya mekar pada saat tertentu yakni hanya mekar mulai pukul 00.00 sampai matahari terbit. 

Pada saat mekar bunga wijaya kusuma akan memancarkan aroma yang wangi. Menurut kepercayaan beberapa orang khususnya masyakarat jawa, barang siapa yang melihat bunga wijaya kusuma mekar malam hari kepadanya akan dilimpahkan rejeki. Mitos lainnya Bunga Wijayakusuma ini dipercaya mampu meningkatkan keberuntungan atau hoki bagi penghuni rumah yang menanamnya. Saat ini Bunga Wijayakusuma termasuk tanaman langka dan sulit untuk didapatkan.

Bunga Mawar
Bunga Mawar
Siapa sih yang tidak tahu dengan tanaman hias berikut ini. Bunga mawar merupakan tanaman favorit untuk pekarangan rumah karena tanaman bunga ini mampu memancarkan keindahan dari bunga mawar tersebut. Bunga mawar mudah kita temui dan hampir semua toko tanaman menjual jenis tanaman ini. Tentunya semakin cantik bunga yang dipancarkannya semakin mahal juga harganya.

Tapi tahukah anda selain karena keindahannya ternyata bunga mawar yang ditanam di pekarangan rumah juga dipercaya sebagian orang mempunyai khasiat mistis. 

Sama halnya dengan Bunga Wijayakusuma, Tanaman Bunga mawar ini dipercaya mampu membawa rejeki bagi pemilik rumah.

Pohon Talas Besar
Talas
Nah ini agak sedikit unik. Siapa yang menyangka jika tanaman talas memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan diantaranya :

  1. Sebagai makanan pokok alternatif karena memiliki karbohidrat yang tinggi
  2. Menjadi sumber energi
  3. Menyehatkan pencernaan
  4. Menyehatkan jantung
  5. Membantu tekanan darah
  6. Meningkatkan sistem imun tubuh
  7. Mengatasi kelelahan
  8. Menghambat penuaan

Selain untuk kesehatan ternyata pohon talas juga dipercaya mempunyai khasiat mistis di dalamnya. Pohon Talas Besar yang banyak dijumpai ini dipercaya mampu menangkal penjahat, pencuri maupun tuyul yang mau mencuri harta benda anda. Silahkan di coba saja..

Pohon Anggur

Buah Anggur (Sumber :nezinscotfarm)
Pernahkah anda menemui rumah yang memiliki usaha di depan rumahnya (ruko) dimana rumah tersebut terdapat tananam anggur dipekarangan rumahnya? Jika pernah segera ingatkan sang empunya tanaman untuk segera ganti tanaman tersebut. 

Sebab ada mitos yang berkembang di tengah masyarakat khususnya bagi mereka yang di depan rumahnya memiliki usaha untuk tidak menanam pohon anggur di pekarangan rumahnya jika ingin usahanya maju. Pemilik toko yang mempercayai mitos tersebut biasanya akan enggan menaman pohon anggur ini di halaman rumahnya karena tanaman anggur yang ditanam tersebut di percaya dapat membuat bisnis cepat lesu dan berujung kebangkrutan. 

Bagaimana anda percaya? Namun jika tidak mau rugi sebaiknya jangan menanam pohon anggur ya.

Bunga Kamboja
Bunga Kamboja (Sumber : Tribun)
Tanaman berkhasiat mistis berikutnya yaitu Bunga Kamboja. Bunga Kamboja yang getahnya membuat gatal jika terkena kulit ini dipercaya mampu memancarkan aura positif dan negatif. Aura positif yang timbul tersebut yaitu kelancaran rejeki khususnya jika memiliki tanaman bunga kamboja dengan jumlah mahkota 4 atau 6, kenyaman di dalam rumah, dan keramahan dalam bergaul dengan lingkungan sekitar. Akan tetapi jika bunga kamboja anda letakkan di sembarang tempat maka aura negatiflah yang akan terpancar di rumah anda.

Daun Sirih
Daun Sirih (Sumber : jempolkaki)
Tanaman pekarangan rumah yang mempunyai khasiat mistis selanjutnya yaitu tanaman daun sirih. Selain memiliki banyak manfaat seperti bagi kesehatan tubuh ternyata Tanaman daun sirih juga dipercaya mampu memberikan khasiat mistik berupa kematangan dalam berpikir, memberikan ketenangan, dan meningkatkan kewibawaan seseorang. 

Konon, dengan meletakkan daun sirih sebagai alas kaki pada saat ujian maupun tes kerja dapat memberikan ketenangan dan bisa fokus dalam menjalani ujian tersebut. 

Selain itu, untuk orang yang sedang menjalin kasih, ketika mengantongi daun sirih di percaya dapat memberikan keberanian seseorang dalam mengatakan cinta, hal ini tentu sangat cocok untuk orang yang ingin menembak cintanya atau menemui calon mertua.

Pohon Beringin
Pohon Beringin (Sumber : evenkampus)
Boleh percaya boleh tidak, pohon beringin dipercaya mempunyai khasiat mistis yang kuat yaitu dipercaya sebagai tempat roh halus. Penampilan pohon yang rindang dan terkesan horor tersebutlah membuat mitos tersebut muncul. 

Jika didepan rumah terdapat pohon beringin yang besar dan lebat, kesan yang didapat bagi rumah tersebut yaitu kelam, dan gelap. Dampaknya keharmonisan didalam rumah jadi hilang, timbulnya konflik didalam rumah akan lebih sering terjadi terjadi.

Pohon Maja
Pohon Maja (Sumber : jamuin)
Pohon Maja juga di percaya mempunyai khasiat mistis yang baik jika di tanam di pekarangan rumah. Buah Maja memang terasa pahit namun memiliki khasiat pengobatan seperti meredakan diare, meredakan lambung yang bengkak, mengatasi sembelit dan lain sebagainya. Khasiat mistis dari pohon maja ini yaitu barang siapa yang menanamnya dipercaya mendatangkan kemakmuran, kekayaan dan peruntungan yang baik.

Pohon Jahe

Tanaman yang memiliki khasiat mistik yang baik lainnya yaitu pohon jahe. Pohon Jahe yang di tanam mampu memberikan aura positif berupa penangkal roh jahat yang ada di sekitar rumah anda.


Pohon Pepaya

Tanaman yang di percaya mempunyai khasiat mistis yang buruk selanjutnya yaitu pohon pepaya. Mitosnya pohon pepaya yang di tanam di depan rumah di percaya mendatangkan kesialan bagi penghuni rumah itu. 

Jika anda ingin menanam pohon pepaya hendaknya menanamnya di samping rumah anda atau di belakang rumah anda.

Pohon Belimbing Wuluh

Pohon Belimbing Wuluh di percaya memberikan aura negatif yaitu serangan roh jahat dan mudah terkena santet bagi penghuni rumah.

Pohon Jagung

Pohon jagung juga dipercaya memiliki energi negatif. Jangan menanam pohon jagung di halaman rumah anda jika penghuni rumah anda tidak ingin sakit-sakitan.

Pohon Bawang

Hindari tanaman bawang jika tidak ingin sial.

Pohon Cabe

Cabe itu memiliki rasa pedas. Konon, jika menanam cabe di depan rumah makna yang didapat keadaan rumah akan menjadi panas dan sering terjadi pertengkaran bagi penghuni rumah.

Itulah tadi beberapa mitos tanaman di pekarangan rumah yang dipercaya mempunyai khasiat mistis yang masih di percaya hingga kini. Boleh percaya boleh tidak kembali lagi kepada anda.


Baca juga

Cara Alami Atasi Ngorok
Nama Anda
Kabarkan Updated at: 13:58

0 komentar:

Post a Comment