Batulicin dari Sisi Lain (Bagian 1)

Kabarkan.co.id, Batulicin - Mengelilingi seluruh area yang ada di Kota Batulicin tidaklah memerlukan waktu yang lama, mengingat bahwa Batulicin termasuk kota kecil yang baru berkembang dan yang masih memerlukan penataan kota disana-sini baik fisik maupun non fisik lainnya. 

Jika sobat secara kebetulan berkunjung ke kota Batulicin, luangkanlah waktu sejenak untuk berkeliling ke sudut kota yang ada di Batulicin dan lihatlah Batulicin dari sisi lain. Ada banyak tempat yang menarik yang bisa sobat kunjungi, mulai dari pemandangan laut yang dilihat dari sudut pelabuhan maupun tepi pantai, hamparan kebun sawit yang bisa dilihat dari atas pegunungan hingga petualangan tak terlupakan mancing di laut maupun di sungai, serta sajian khas kuliner yang disuguhkannya.

Pelabuhan Batulicin

Batulicin dari sisi lain yang pertama yaitu pelabuhan. Ada banyak pelabuhan yang ada di Batulicin, baik pelabuhan untuk yang digunakan untuk penumpang antar kabupaten tujuan Batulicin ke Kotabaru (PP) yang biasa disebut sebagai Pelabuhan Speed Boat Simpang Empat, maupun pelabuhan antar provinsi yang biasa di sebut Pelabuhan Batulicin atau yang biasa disebut pelabuhan samudera dimana pelabuhan tersebut saat ini melayani penumpang umum untuk tujuan ke Sulawesi, Jawa dan daerah lainnya di timur Indonesia. 

Selain itu pelabuhan Batulicin juga digunakan untuk melayani aktivitas bongkar muat peti kemas dimana dalam pengelolaannya di kelola langsung oleh Pelindo III.

Seperti inilah suasana aktivitas pelabuhan Batulicin saat melayani penumpang umum. Penumpang yang menggunakan moda transportasi laut ini tidak pernah sepi walau saat ini harga tiket transportasi udara juga terjangkau oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Umumnya penumpang tersebut berangkat dengan tujuan Surabaya dan Makassar setiap minggunya. (Foto)


Seperti inilah suasana pelabuhan Batulicin saat melayani aktivitas bongkar muat peti kemas. Umumnya kapal-kapal tersebut datang dan berangkat hampir setiap hari dengan berbagai macam tujuan di seluruh Indonesia.

Disamping itu, di Batulicin ini juga terdapat pelabuhan Ferry yang di kelola oleh PT. ASDP (Angkutan Sungai, Danau, dan Pantai) cabang Batulicin yang menghubungkan antar kabupaten Kotabaru dengan Kabupaten Tanah Bumbu yang terletak di simpang tiga Batulicin. Pelabuhan Ferry tersebut beroperasi selama 24 jam. 

Pada saat hari normal pelabuhan Ferry menyediakan 3-4 unit Kapal Ferry setiap harinya untuk melayani penumpang dari Batulicin menuju Tanjung Serdang Kotabaru. Lain halnya jika musim lebaran tiba, pengelola pelabuhan Ferry yakni PT. ASDP cabang Batulicin akan menambah ketersediaan kapal Ferry nya menjadi 5-6 unit yang siap digunakan untuk mengangkut penumpang mudik maupun arus balik lebaran.

Selain melayani penyeberangan antar Kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan, Pengelola pelabuhan Ferry dalam hal ini PT. ASDP cabang Batulicin juga melayani penyeberangan antar provinsi tujuan Batulicin ke Barru yang terletak di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Adapun untuk jadwal penyeberangan antar provinsi tujuan Batulicin - Barru seminggu sekali. 

Beginilah suasana aktivitas di pelabuhan Ferry tujuan Batulicin-Kotabaru (PP). Kapal Ferry yang tersedia untuk melayani rute Batulicin-Kotabaru berukuran cukup besar. Adapun waktu tempuh bongkar muat penumpang maupun kendaraan tersebut rata-rata 35 menit dan waktu tempuh perjalanan laut yakni 35 menit Foto

Pelabuhan Ferry Tujuan Batulicin - Barru (PP) Foto

Selain pelabuhan-pelabuhan yang digunakan untuk penumpang tersebut, di Batulicin juga banyak terdapat pelabuhan-pelabuhan khusus yang digunakan untuk aktivitas pertambangan dimana kini pelabuhan khusus tersebut sudah mulai ditinggalkan investor akibat ketatnya ijin pengelolaan kegiatan pertambangan yang dikeluarkan oleh penyelenggara pemerintahan. Selain itu saat ini juga tersedia pelabuhan khusus lainnya dimana pelabuhan tersebut dibangun dan dikelola oleh beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. 

di beberapa tempat terdapat pelabuhan sangat cocok buat menikmati laut, seperti pelabuhan batang yang terletak di belakang restoran KFC, kemudian ada juga di pelabuhan samudera. Menikmati laut dari sisi pelabuhan disertai dengan hembusan angin yang sejuk akan lebih nikmat jika di temani dengan secangkir kopi. 


Sudut Lain Pelabuhan Ferry Batulicin (Foto)

Pulau Sewangi

Batulicin dari sisi lain berikutnya yaitu objek wisata Pulau Sewangi. Diseberang pelabuhan Batulicin, sobat akan disuguhi pemandangan dari pulau kecil yang bernama pulau Sewangi. Pulau ini cukup unik karena dari kejauhan akan terlihat mirip seperti buaya raksasa yang sedang mengapung.

Untuk menuju kesana, sobat perlu menyewa kapal atau speed boat jika ingin menjelajahi pulau yang berpenghuni tersebut. Jangan mengharapkan adanya aktivitas kendaraan bermotor di pulau itu karena memang tidak ada jalan yang bisa dilalui oleh kendaraan bermotor. 

Semua kegiatan di pulau itu hanya bisa dilakukan berjalan kaki dan melewati aneka pepohonan yang masih asri dan teduh. Sobat tidak boleh sembarangan dan wajib menjaga tata krama selama berada di pulau Sewangi 

Pulau Sewangi yang tampak seperti buaya yang sedang mengapung tampak indah jika di pandang dari kejauhan. Keasrian di pulau sewangi ini masih terjaga hingga sekarang.


(Bersambung)

Baca juga

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Batulicin dari Sisi Lain (Bagian 1)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel