Apa Kabar Kota Batulicin

Kabarkan.co.id, Batulicin - Apa kabar Batulicin? Batulicin merupakan ibukota Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan yang kini sudah berubah total.

Jika melihat Batulicin 5 - 15 tahun lalu khususnya pada dekade tahun 1990 hingga tahun 2000, kondisi Batulicin saat ini sudah sangat jauh berbeda. Batulicin dulu dijuluki sebagai kota tambang dan juga kota seribu truk akibat banyaknya truk-truk pengangkut batubara yang melintas di tengah kota Batulicin baik siang maupun malam hari yang berujung pada rusaknya sejumlah ruas jalan di sepanjang titik kota Batulicin.

Batulicin tempo dulu identik dengan kota debu, panas, kumuh dan kotor. Padahal saat itu sedang di gaung-gaungkannya Batulicin sebagai kota BERSUJUD yang artinya Bersih, Sejuk dan Damai yang pada kenyataannya jauh dari kesan BERSUJUD.



Kondisi Batulicin Dulu


Seperti apa sih kota Batulicin dulunya, berikut ulasannya melalui beberapa dokumentasi mengenai Batulicin tempo dulu yang berhasil kami dapatkan yang berasal dari berbagai sumber.

Batulicin Dulu
Kota Batulicin Tempo Dulu (Sumber Foto

Foto diatas menunjukkan salah satu aktivitas masyarakat di kota Batulicin, sekitar tahun 1999 - 2000 an. Lokasi foto di atas tepatnya berada dipersimpangan lampu merah (sekarang) jalan Simpang Empat Batulicin yang merupakan pusat kota Batulicin. 


Saat itu kondisi jalan di persimpangan jalan tersebut tampak sempit, padat, kotor. Pada siang hari, kondisi jalanan tersebut tampak berdebu dan panas luar biasa, jika datang hujan kondisi jalanan menjadi becek dan penuh lumpur. Selain itu banyaknya truk bermuatan batubara dan alat berat yang melintas di kota Batulicin sepanjang waktu menambah kesan kota ini makin semrawut dan kumuh.

Batulicin Tempo Dulu
Kota Batulicin Tempo Dulu (Sumber Foto

Foto berikutnya adalah kondisi Jalan Raya Kampung Baru Batulicin yang saat itu menunjukkan kondisi jalannya juga rusak berat.  Kondisi Jalan Raya Kampung Baru Batulicin dimana saat itu keadaannya sungguh sangat menyiksa, becek di saat hujan dan berdebu di saat terik. Sangat tidak sehat untuk pernapasan.

Entah mengapa Pemerintah Daerah kala itu seolah tidak peduli dengan kondisi rusaknya jalan tersebut padahal pada saat itu begitu banyak perusahaan - perusahaan tambang berskala besar yang beroperasi Kabupaten Tanah Bumbu khususnya di sekitar Batulicin. 


Batulicin Tempo Dulu
Salah Satu Aksi Protes Warga Batulicin Terkait Kondisi Jalan Saat Itu (Sumber Foto
Foto di atas menunjukkan betapa parahnya kerusakan jalan dalam kota Batulicin tepatnya di persimpangan Pelabuhan Samudera Batulicin. Saat itu jalanan tersebut hampir semuanya rusak berat dan berlubang, bahkan kala hujan jalanan tersebut bak kolam di tengah jalan.

Penanganan yang lambat dari Pemerintah Daerah membuat masyarakat Batulicin berang dan salah satunya bahkan melakukan aksi protes dengan "menanami" sejumlah pohon di tengah jalan yang berlubang.

"Aksi penanaman pohon" tersebut merupakan bentuk sindiran kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu agar segera dilakukan perbaikan.

Kondisi jalan tampak rusak berat hal tersebut di perparah tidak adanya aturan yang tegas dari daerah terkait beban maksimal muatan yang boleh melintasi jalanan pusat kota Batulicin sehingga tidak sedikit truk-truk yang saat itu bebas hilir mudik mengangkut muatan yang melebihi kapasitas beban jalan yang pada akhirnya meninggalkan keretakan di sana-sini.



Bandara Bersujud Batulicin Tempo Dulu
Bandara Bersujud Batulicin Tempo Dulu (Sumber Foto
Dan seperti inilah kondisi Bandara Bersujud Batulicin tempo dulu. Bandara Bersujud Batulicin merupakan satu-satunya bandara yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu yang dulu tampak sederhana dan apa adanya. Saat itu pemeriksaan penumpang di terminal bandara tidak terlalu ketat.
Semua bebas keluar masuk ke area terminal bandara bahkan hingga ke landasan bandara Bersujud Batulicin. Karena bebasnya orang keluar masuk ke areal bandara sehingga terkadang sulit membedakan mana penumpang pesawat dan mana pengantar maupun penjemput.


Bandara Bersujud Batulicin
Bandara Bersujud Batulicin 
Pesawat komersil yang mendarat di Bandara Bersujud Batulicin saat itu tidak begitu banyak. Umumnya hanya pesawat berbadan kecil seperti pesawat Cessna Twin Otter kapasitas 12 penumpang yang diijinkan mendarat di Bandara Bersujud Batulicin.


Kondisi Batulicin Saat Ini


Lain dulu lain sekarang. Pemerintahan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu terus berbenah dan memperbaiki semua sektor yang ada dan salah satunya membangun sejumlah infrastruktur di Kabupaten Tanah Bumbu khususnya Batulicin yang merupakan ibu kota Kabupaten Tanah Bumbu sehingga Batulicin sekarang sudah jauh berbeda jika di bandingkan dengan beberapa waktu silam.

Dan inilah kondisi Kota Batulicin sekarang. Terlihat pembangunan di pusat kota Batulicin sudah mulai dilakukan di sana sini.

Pembangunan sejumlah infrastuktur di Kota Batulicin hingga saat ini masih terus berjalan mulai dari jalan, bandara, drainase, dan lain-lain. Batulicin terus berbenah.

Selain itu Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu juga mulai membenahi bidang-bidang lainnya yang tidak kalah pentingnya seperti pembenahan di bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan lain sebagainya dengan tujuan agar roda perekonomian di kota ini terus meningkat seiring majunya perkembangan kota Batulicin. 


Kota Batulicin
Kota Batulicin
Sekarang kondisi dipersimpangan jalan Batulicin (tepatnya di simpang empat lampu merah) tersebut sudah rapi dan bahkan sudah dilengkapi lampu rambu lalu lintas sehingga arus lalu lintas di persimpangan tersebut tampak lebih tertib, teratur, bersih, dan terlihat nyaman.


Simpang Empat Batulicin
Simpang Empat Batulicin 
Walaupun masih ada truk-truk yang melintas di pusat kota Batulicin namun kondisinya sekarang jauh lebih teratur, jumlahnya pun sudah mulai berkurang seiring telah dibukanya sejumlah akses jalan seperti jalan lingkar 30 dimana jalan tersebut merupakan jalan lingkar kota Batulicin.


Jalan Kampung Baru Batulicin
Jalan Kampung Baru Batulicin 
Foto di atas berlokasi di Jalan Raya Kampung Baru Batulicin saat ini. Dulunya jalan Raya Kampung Baru Batulicin ini rusak parah dan dipenuhi lubang di sana sini. Kini jalanan tersebut tampak lebih baik dan nyaman bagi pengendara. Tidak ada lagi lubang-lubang di tengah jalan yang nampak di jalan tersebut, jika pun ada lubang tersebut langsung segera ditangani oleh dinas terkait. 


Jalan Raya Batulicin
Jalan Raya Batulicin 
Inilah kondisi jalan Raya Batulicin saat ini yang kini lebih bersih dan rapi. Hampir setiap hari jalanan tersebut di tata dan dibersihkan oleh petugas kebersihan, sehingga jalan raya Batulicin tersebut yang dulunya berdebu sekarang terlihat lebih menyehatkan. 


Jalan Raya Batulicin
Jalan Raya Batulicin 
Bahkan kini disepanjang Jalan Raya Batulicin ditanami pepohonan untuk menambah keindahan jalan dalam kota.


Kantor Bank BCA Cabang Batulicin
Kantor Bank BCA Cabang Batulicin
Sejumlah perbankan bergengsi seperti Bank BCA pun kini membuka kantor pelayanannya di Batulicin melalui Bank BCA Cabang Batulicin.

Kehadiran Bank BCA Cabang Batulicin menambah kesan bahwa perekonomian di Batulicin bisa dikatakan maju mengingat bank BCA dalam membuka cabang di suatu daerah sangat ketat dan tidak mau sembarangan jika di bandingkan dengan bank-bank nasional lainnya.

Selain itu terdapat bank - bank nasional lainnya yang turut membuka cabangnya di Batulicin seperti :

  • Bank Mega Cabang Batulicin
  • BRI Cabang Batulicin 
  • BNI 46 Cabang Batulicin
  • BNI Syariah Cabang Batulicin
  • Bank Mandiri Cabang Batulicin
  • Bank Syariah Mandiri Cabang Batulicin
  • BTN Cabang Batulicin
  • Panin Bank Cabang Batulicin
  • BCA Cabang Batulicin
  • Bank Kalsel Cabang Batulicin
  • Bank Kalsel Syariah Unit Batulicin 
  • Bank Danamon Cabang Batulicin
  • Bank Sinarmas Cabang Batulicin
  • Maybank Cabang Batulicin 
Itu artinya roda perekonomian di Batulicin begitu potensial dan mengungtungkan. Kedepannya akan menyusul bank-bank nasional lainnya yang akan hadir di Batulicin.

Dan pada akhirnya untuk mewujudkan Batulicin Bersujud "Bersih, Sejuk, dan Damai" diperlukan kerja keras dan kepedulian dari semua pihak baik itu Pemerintah Pusat, Daerah, Swasta, dan masyarakat untuk masa depan anak, cucu kita yang tinggal di Batulicin dan sekitarnya.

6 Responses to "Apa Kabar Kota Batulicin "

  1. BANGGA JADI ORANG BATULICIN !!!

    ReplyDelete
  2. Wowww Kerreeenn, Tempat hiburannya masih kurang Pak.

    ReplyDelete
  3. matap juga lah bali.. ga terasa udah hampir 6 tahun disini... maju terus batulicin..

    ReplyDelete
  4. mantab banar sanak. sebarkan berita perkembangan batulicin. supaya bisa terpandang jua.. :)

    visite: IDNzest.blogspot.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel