Goa Liang Bangkai, Objek Wisata Alam Tanah Bumbu

Kabarkan.co.id, Batulicin - Kabupaten Tanah Bumbu banyak sekali terdapat objek wisata alam yang menarik untuk di kunjungi, tidak saja objek wisata berupa pantai namun juga objek wisata berupa air terjun dan objek wisata berupa goa dan salah satunya adalah Goa Liang Bangkai.


Pernahkah anda ke Goa Liang Bangkai ? Apa itu Goa Liang Bangkai? Mungkin ada yang baru pertama kali mendengar nama tersebut.


Goa Liang Bangkai adalah salah satu goa terunik yang ada di pelosok Kalimantan Selatan dan merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan. 

Objek wisata Goa Liang Bangkai terletak 39 Km dari pusat Kota Batulicin. 

Untuk menuju ke kawasan objek wisata goa liang bangkai diperlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan darat. 

Goa Liang Bangkai ini lebih tepatnya berada di Desa Dukuh Rejo Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan.


Objek wisata Goa Liang Bangkai secara keseluruhan berupa perbukitan yang memiliki keunikan didalamnya salah satunya sesuai dengan namanya goa liang bangkai tersebut berbau bangkai jika masuk ke dalam area goa dan banyak terdapat kelelawar di dalamnya serta terdapat danau kecil dimana airnya sangat jernih sekali di dalam goa tersebut. 

Menurut catatan sejarah, Goa Liang Bangkai ini pernah di huni sekelompok manusia prasejarah sekitar tahun 3.000 SM dimana goa tersebut digunakan sebagai tempat tinggal. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya artefak sisa makanan berupa cangkang kerang, pecahan batu sisa alat rumah tangga, dan artefak kerangka tulang manusia purba belum lama ini. 

Selain itu ditemukan juga artefak berupa lukisan purba di dalam dinding goa Liang Bangkai tersebut.

Selain Goa Liang Bangkai, ada pula beberapa goa di sekitarnya seperti goa tujuh pintu, goa kelelawar, goa batumuda, goa candi, goa putri, goa sugung dan banyak lagi. 


Bagi anda yang ingin melakukan perjalanan ke objek wisata goa liang bangkai, berikut ini kami sajikan panduan cara menuju ke kawasan objek wisata Goa Liang Bangkai :
  • Jarak perjalanan Dari Batulicin menuju Goa Liang Bangkai Mantewe yaitu sejauh 39 Kilomoter bisa anda tempuh melalui jalan Transmigrasi. 
  • Alternatif lain untuk menuju kawasan objek wisata goa liang bangkai tersebut dari Batulicin yakni melewati jalan eks Kodeco. Hanya saja jika melewati jalur tersebut akan memakan waktu lebih lama karena kondisi jalanan tersebut belum sepenuhnya di aspal.
Persimpangan Jalan Karang Bintang-Transmigrasi

  • Lain halnya jika melewati rute jalan transmigrasi. Kondisi jalan dari Batulicin menuju Goa Liang Bangkai Kecamatan Mantewe jauh lebih nyaman jika dibandingkan melalui jalan eks Kodeco. 

Jalan Transmigrasi - Kandangan Kecamatan Mentewe
  • Sepanjang perjalanan melalui jalan transmigrasi ke Goa Liang Bangkai, anda akan di suguhi panorama keindahan alam berupa hamparan kebun sawit di sisi kiri dan kanan jalan serta kondisi jalan berbukit. 
  • Perkebunan sawit tersebut sebagian besar dikelola sendiri oleh masyarakat sekitar.
  • Sepanjang perjalanan jarang kendaraan melintas hanya saja anda diharapkan tetap selalu berhati-hati dalam memacu kendaraan anda.
Jalan Transmigrasi - Kandangan Kecamatan Mentewe
  • Menjelang tiba di lokasi perjalanan ke Goa Liang Bangkai, anda akan berjumpa dengan kondisi jalan yang masih belum di aspal dan sedikit berbatu. 
  • Dari tempat ini akan tiba di lokasi Goa Liang Bangkai kurang lebih sejauh 4,5 Km bukan 3 Km sebagaimana yang tercantum dalam papan petunjuk jalan tersebut.
  • Memasuki jalan tersebut harap bersabar dan tetap tenang memacu kendaraan anda. Sepanjang jalan menuju Goa Liang Bangkai anda akan melewati perkampungan dengan kondisi jalan berbatu-batu.
  • Selain berbatu, terdapat pula kondisi jalan masih dilapisi batu kapur dengan tujuan untuk meredam kubangan air.
  • Sepanjang jalan terdapat banyak persimpangan jalan untuk itu harap perhatikan jalan dan pastikan mengikuti petunjuk jalan agar tidak tersesat

  • Selama perjalanan bersabarlah sampai anda tiba di pintu gerbang Goa Liang Bangkai
  • Dari pintu gerbang Goa Liang Bangkai yang menyerupai kelelawar tersebut perjalanan masih terus berlanjut. Anda akan memasuki jalan tanah dan berbatu menuju pintu gua sejauh 3 Km.
  • Tibalah anda di Goa Liang Bangkai.
Kawasan Luar Goa Liang Bangkai dari Kejauhan

Pintu masuk Goa Liang Bangkai

Pintu Masuk Goa Liang Bangkai

Pintu Tangga Goa Liang Bangkai

Areal Sekitar Goa Liang Bangkai

Halaman Goa Liang Bangkai dari Sudut Pintu Gua Liang Bangkai


Beberapa tips jika ingin berwisata ke Goa Liang Bangkai. Semoga Bermanfaat :
  1. Datanglah pada hari Minggu atau Libur Besar, jika anda datang diluar hari itu kemungkinan hanya anda saja yang berada di situ.
  2. Bawalah kelengkapan makanan dan minuman, karena warung-warung yang ada terletak disana hanya buka sewaktu-waktu
  3. Bawalah alat penerang berupa senter jika ingin masuk ke dalam goa.
  4. Mintalah pemandu wisata yang ada di sana untuk memandu anda beserta keluarga masuk kedalam Goa Liang Bangkai. Anda akan disuguhkan Panorama Indah selama berada di dalam Gua.
  5. Pastikan anda dalam kondisi yang prima sebelum masuk ke dalam gua.
  6. Bersikaplah Sopan selama berada di dalam kawasan Goa Liang Bangkai dan patuhi rambu-rambu yang berlaku di sana.
  7. Bagi yang hobi mancing, di sekitar gua ini juga terdapat danau alami yang cocok untuk para wisatawan yang memiliki hobi mancing. Jangan lupa membawa perlengkapan pancing anda karena di sana tidak ada yang menjual perlengkapan pancing.

Ayo Berwisata ke Goa Liang Bangkai

2 Responses to "Goa Liang Bangkai, Objek Wisata Alam Tanah Bumbu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel