Home » , » 6 Aplikasi Nonton TV Secara Gratis Dan Tanpa Kuota di Smartphone

6 Aplikasi Nonton TV Secara Gratis Dan Tanpa Kuota di Smartphone

Kabarkan.co.id, - Mungkin anda masih ingat beberapa tahun yang lalu marak bertebaran ponsel-ponsel murah dari pabrikan asal Tiongkok di toko-toko ponsel di seluruh Indonesia. Ponsel-ponsel asal Tiongkok tersebut tidak saja menawarkan ponsel dengan harga yang sangat terjangkau namun juga menawarkan berbagai macam fasilitas dan fitur-fitur canggih di dalamnya.
Nonton TV Gratis di Smartphone (Sumber : Soul of Jakarta)

Salah satu fitur yang banyak ditawarkan saat itu ialah kemudahan menonton siaran televisi (TV) melalui ponsel secara offline (gratis) alias tanpa kuota sedikit pun layaknya menonton TV melalui pesawat televisi konvensional. Itu sebabnya tidaklah mengherankan ponsel-ponsel Tiongkok yang telah dilengkapi fitur menonton televisi tersebut juga dilengkapi antena yang berfungsi untuk menangkap siaran TV.

Seiring berjalannya waktu ponsel-ponsel tersebut lambat laun menghilang dari pasaran. Peminat ponsel TV tersebut sudah mulai berkurang bahkan penggunanya menurun drastis jika dibandingkan 3-5 tahun lalu.

Kemungkinan hal tersebut disebabkan kemampuan ponsel TV diatas masih lemah dalam menangkap sinyal siaran televisi sehingga gambar yang dihasilkan pun tidak maksimal dan tidak se-jernih yang diharapkan. Bahkan hal tersebut diperparah dengan hilangnya siaran televisi kala kita bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain sehingga banyak pengguna ponsel TV yang awalnya tertarik beralih mencari fitur-fitur lain yang lebih menarik seperti yang ada di ponsel pintar (smartphone) saat ini.

Namun sangat disayangkan, sebagian besar ponsel pintar yang ada sekarang tidak lagi melengkapi diri dengan fitur menonton televisi seperti ponsel-ponsel Tiongkok dulu.

6 Aplikasi Nonton TV Tanpa Kuota di Smartphone

Namun walaupun demikian, anda tak perlu putus asa dulu, karena sekarang telah ditemukan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk menonton televisi baik secara online atau lebih dikenal dengan istilah nonton secara streaming (menggunakan koneksi internet) maupun menonton secara offline tanpa koneksi internet dan tanpa kuota alias gratis.

Menonton TV di ponsel pintar (smartphone) melalui streaming memang menghasilkan gambar yang bersih dan bisa dilakukan dimana saja selama jaringan tersedia. Namun cara tersebut bukan berarti tanpa kekurangan. Salah satu kekurangan menonton televisi melalui ponsel pintar (smartphone) secara streaming yaitu memerlukan sinyal yang stabil (3G/4G) serta membutuhkan kuota yang besar sehingga paket data yang dimiliki akan cepat terkuras.

Mau Nonton TV di Smartphone Tanpa Kuota? Gunakan Aplikasi Ini

Sementara itu nonton TV secara gratis dan tanpa kuota di smartphone juga mampu menghasilkan gambar yang jernih dan stabil bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja anda mau, bahkan walaupun anda berada di dalam mobil yang melaju kencang sekalipun gambar TV yang dihasilkan melalui smartphone tersebut tetap bersih dan stabil.


Aplikasi Nonton TV di Smartphone (Sumber : Youtube)

Caranya pun sangat mudah dimana anda tinggal unduh (download) beberapa aplikasi di bawah ini secara gratis dan melengkapi peralatan tambahan yang dibutuhkan, setelah itu anda pun sudah dapat menikmati siaran televisi yang tersedia di kota anda tanpa harus takut kuota anda terkuras.

Nah berikut ini kami sajikan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk menonton TV melalui ponsel pintar (smartphone) dalam 6 Aplikasi Nonton TV Secara Gratis Dan Tanpa Kuota di Smartphone


6 Aplikasi Nonton TV Secara Gratis Dan Tanpa Kuota di Smartphone

1. Aplikasi pertama bernama Air DTV

Air DTV ( Sumber : Google Play)

Air DTV merupakan aplikasi yang mampu mengubah sebuah perangkat smartphone menjadi televisi portabel. Air DTV ini mampu menangkap gelombang siaran televisi lokal yang dipancarkan sehingga anda dapat menonton TV melalui Air DTV tanpa harus terkoneksi dengan internet alias gratis. Hebatnya lagi aplikasi Air DTV memiliki beberapa fitur pendukung seperti support subtitle, HD, dan multi channel audio

Namun sayangnya tidak semua sistem operasi android mampu menjalankan aplikasi Air DTV, setidaknya anda harus memiliki perangkat smartphone dengan sistem android minimal versi Ice Cream Sandwich v4.0.3 atau diatasnya agar aplikasi Air DTV ini dapat berjalan sebagaimana mestinya. 

Seperti yang telah dijelaskan di awal, diperlukan perangkat tambahan bernama Air DTV Mobile TV tuner agar dapat menikmati siaran televisi tersebut dimana perangkat tuner tadi harus anda sambungkan di smartphone anda. Perangkat Air DTV Mobile TV tuner saat ini sudah banyak dijual secara online dengan harga yang cukup terjangkau.


2. Aplikasi yang kedua bernama iDTV Mobile TV

iDTV Mobile TV (Sumber : Google Play)

Aplikasi Nonton TV Secara Gratis Dan Tanpa Kuota di Smartphone selanjutnya bernama iDTV Mobile TV. iDTV Mobile TV juga mampu mengubah sebuah perangkat ponsel pintar / smartphone menjadi sebuah televisi portabel serta mampu menangkap siaran televisi lokal dan menayangkannya layaknya sebuah televisi pada umumnya. 

Gambar yang dihasilkan pun sangat jernih sehingga anda dapat menikmati tayangan televisi melalui smartphone dengan nyaman.

Sama halnya Air DTV, aplikasi iDTV Mobile TV hanya mampu berjalan pada sistem operasi android versi Ice Cream Sandwich v4.0.3 ke atas serta minimal prosesor dual core ke atas.   

Selain aplikasi dibutuhkan juga perangkat tambahan untuk dapat menikmati siaran TV tersebut yaitu iDTV Mobile TV tuner, dimana perangkat tersebut harus dihubungkan ke smartphone / ponsel pintar anda.


3. Aplikasi DTV Viewer

DTV Viewer (Sumber : Google Play)
Aplikasi Nonton TV digital melalui smartphone tanpa kuota berikutnya bernama DTV Viewer. Diperlukan kesabaran dan beberapa langkah agar dapat menikmati siaran televisi melalui Aplikasi DTV Viewer ini. Dibandingkan Air DTV dan iDTV Mobile TV, DTV Viewer agak sedikit ribet dalam pengoperasiannya. Diperlukan perangkat tambahan bernama Geniatech DTV Box agar anda bisa menikmati siaran saluran televisi digital melalui ponsel anda. Geniatech Box ini tidak saja hanya digunakan pada satu perangkat ponsel pintar (smartphone) namun bisa digunakan pada 2 ponsel pintar yang berbeda sehingga anda dapat menonton televisi melalui 2 perangkat smartphone secara bersamaan. 


4. Aplikasi TV berikutnya bernama PadTV HD


Menonton TV melalui smartphone secara gratis alias tanpa kuota juga bisa anda lakukan melalui aplikasi PadTV HD. Aplikasi PadTV HD ini berjalan pada sistem teknologi penyiaran DVB-T / T2 / ISDB-T / ATSC TV. Dengan menggunakan aplikasi PadTV HD tersebut anda dapat menonton televisi digital melalui android secara gratis dimana pun anda berada tanpa harus takut kuota anda akan cepat habis. 

Aplikasi PadTV HD bisa anda unduh secara gratis, namun pastikan siaran televisi di daerah anda mendukung salah satu transmisi di atas dan perangkat ponsel anda sudah mendukung sistem operasi android 4.1 atau diatasnya serta menggunakan prosesor minimal Dua Core 1 GHz

Selain aplikasi PadTV HD diperlukan juga perangkat tambahan bernama MyGica Pad TV Tuner dimana MyGica Pad TV Tuner tersebut berfungsi untuk menangkap gelombang sinyal siaran televisi. 

Saat ini perangkat tersebut cukup mudah diperoleh secara online dan harga yang ditawarkan pun cukup murah yaitu kisaran harga Rp 350.000,- 


5. Aplikasi TDT HD TV


Aplikasi nonton TV tanpa kuota selanjutnya adalah TDT HD TV. Aplikasi TDT HD TV masih berada dalam satu group pengembang PadTV dan DTV Viewer

Itu sebabnya fitur yang ditawarkan TDT HD TV ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi PadTV. Perbedaannya terletak pada sistem teknologi penyiarannya saja dimana TDT HD TV hanya berjalan pada sistem transmisi DVB-T2.

Sama seperti aplikasi di atas, tetap diperlukan perangkat tambahan bernama TDT HD TV Tuner agar dapat menikmati siaran televisi di kota anda melalui smartphone

Soal kualitas gambar tak perlu diragukan lagi, gambar siaran televisi yang dihasilkan melalui aplikasi ini sangat jernih dan juga stabil.


6. Aplikasi WiTV


Aplikasi nonton TV secara gratis dan tanpa kuota melalui perangkat android yang terakhir ialah WiTV. Aplikasi WiTV oleh pengembangnya dirancang untuk berjalan pada sistem transmisi FTA DVB-T dan FTA ISDB-T. Selain Aplikasi WiTV diperlukan juga perangkat TV Tuner WiTV yang berfungsi untuk menangkap gelombang sinyal siaran televisi yang dipancarkan dan mengkonversinya kedalam bentuk gambar bergerak melalui smartphone. 


Penulis : Rey
Sumber : Carisinyal.com


6 Aplikasi Android Nonton TV Secara Gratis di Handphone
Nama Anda
Kabarkan Updated at: 11:56

0 komentar:

Post a Comment